Kenapa Gopay Tidak Bisa Scan Barcode?

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Gopay tidak bisa scan barcode terbilang menjadi salah satu masalah yang cukup merepotkan untuk sebagian besar pengguna Gopay. Terlebih lagi jika sedang ingin membayarkan sesuatu tapi malah tidak bisa scan barcode, tentunya akan membuat malu dan tidak enak.

Oleh karena itu, sebelum kamu menggunakan barcode untuk membayarkan tagihan menggunakan Gopay, sebaiknya pahami dulu apa saja yang menyebabkan Gopay tersebut tidak bisa scan barcode. Jadi, ketika terjadi masalah tersebut kamu sudah bisa dan siap untuk mengatasinya.

Keuntungan Bayar via Gopay Barcode

Membayarkan berbagai tagihan menggunakan Gopay barcode memang memberikan beberapa keuntungan tersendiri untuk para penggunanya. Apa saja? Inilah, di antaranya:              

1. Lebih Cepat dan Mudah

Dengan menggunakan Gopay barcode untuk membayarkan berbagai tagihan atau belanja, tentunya memungkinkan transaksi kamu akan lebih mudah dan cepat. Karena kamu hanya perlu melakukan scan barcode, kemudian pembayaran bisa segera terbayarkan.

Kamu juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai maupun kartu debit maupun kredit. Jadi, akan lebih praktis.                                                                                                                                         

2. Sistem Keamanan Terbaik

Pembayaran menggunakan Gopay barcode sendiri memang memberikan keamanan yang lebih tinggi. Tak perlu khawatir untuk membawa uang tunai maupun kartu fisik yang mana rentan pada kehilangan atau pencurian.

Transaksi ini cukup kamu lakukan melalui aplikasi Gopay QRIS sehingga tak perlu khawatir adanya pencurian.

3. Ada Banyak Promo

Gopay sendiri sudah menjadi salah satu metode pembayaran secara digital yang begitu populer di Indonesia. Dengan menggunakan barcode dari Gopay ini tentu saja kamu bisa mengakses promo dan juga diskon yang ditawarkan oleh Gopay dan juga merchant mitra.

Cara Bayar via Gopay Barcode

Setelah kamu tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu peroleh dari pembayaran Gopay barcode ini, sekarang akan kita bahas bagaimana cara bayarnya. Tak perlu bingung karena sangat mudah, berikut di antaranya:

  • Kamu harus memberitahu ke petugas kasir terlebih dulu jika akan membayar menggunakan Gopay.
  • Buka aplikasi Gojek kemudian tap Scan.
  • Kamu bisa melakukan scan pada barcode yang ada di dekat kasir ataupun struk QRIS dari petugas kasir.
  • Pastikan jumlah pembayarannya sesuai.
  • Pilih opsi Bayar untuk menyelesaikan pembayaran kamu.
  • Transaksi kamu sudah berhasil.

Penyebab Gopay Tidak Bisa Scan Barcode

Meskipun pembayaran menggunakan fasilitas Gopay barcode atau QRIS memberikan kemudahan dan terbilang lebih praktis, tetap saja terkadang ada masalah. Misalnya saja Gopay tidak bisa melakukan scan barcode ataupun yang lainnya. Hal satu ini tentu saja ada beberapa penyebabnya, berikut di antaranya:

1. Koneksi Jaringan Terputus

Salah satu penyebab Gopay gagal dalam scan barcode adalah karena koneksi yang terhubung pada perangkat untuk mengakses aplikasi Gopay secara tiba-tiba terputus. Misalnya saja ketika kamu sedang melakukan scan barcode tiba-tiba koneksi internet terputus, tentunya transaksi akan gagal.

2. Barcode Tidak Jelas

Kemudian bisa juga karena barcode yang tidak jelas ataupun buram. Jadi, sistem tidak bisa mengidentifikasi. Biasanya hal tersebut dapat terjadi ketika kamu melakukan scan barcode terlalu jauh.                         

3. Persetujuan Penggunaan Media Aplikasi

Agar bisa menggunakan aplikasi Gopay tersebut untuk melakukan scan barcode, kamu perlu menyetujui penggunaan media aplikasi. Misalnya saja penggunaan kamera, kemudian juga ruang penyimpanan dan yang lainnya.

Jadi, kemungkinan Gopay tidak bisa scan barcode karena kamu belum mengizinkan ataupun menyetujui penggunaan kamera.

4. Akun Terkunci

Selain beberapa penyebab di atas, kamu tidak bisa scan barcode ketika ingin membayar menggunakan Gopay adalah karena akun terkunci. Bahkan semua bentuk transaksi pada aplikasi Gopay tidak bisa kamu lakukan sampai kamu berhasil mengatasi ataupun membuka akun yang terkunci itu sendiri.

Cara Atasi Gopay Tidak Bisa Scan Barcode

Setelah kamu tahu beberapa penyebab dari Gopay yang tidak bisa scan barcodenya, tentu saja kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Sesuaikan dengan penyebabnya terlebih dulu. Berikut adalah cara mengatasinya:

1. Mengganti Koneksi

Jika masalahnya karena koneksi internet yang buruk, tentu saja kamu perlu mengganti koneksi lainnya. Misalnya saja menggunakan paket data, hotspot dari perangkat lain ataupun wifi. Kemudian kamu bisa kembali mencoba melakukan scan barcode.

2. Mendekatkan Ponsel ke Barcode

Kemudian jika masalahnya terjadi karena kamu terlalu jauh ketika melakukan scan barcode, tentu saja kamu harus mendekatkan ponsel kamu ke barcode tersebut. Jadi, barcode akan terbaca dan teridentifikasi sistem lebih jelas.

3. Menyetujui Penggunaan Media Aplikasi

Lalu, jika kegagalan melakukan Gopay scan barcode karena belum adanya persetujuan penggunaan media aplikasi, tentu saja kamu harus mengaktifkannya lebih dulu. Kemudian kamu bisa menyetujui aplikasi Gojel untuk mengakses penggunaan kamera agar bisa melakukan scan barcode.

4. Membuka Akun Gopay Terkunci

Setelah itu, jika masalah tersebut karena akun Gopay kamu yang terkunci sehingga tidak dapat melakukan transaksi pembayaran via scan barcode tak perlu bingung. Kamu bisa membuka akun Gopay yang terkunci, yang mana dengan meminta bantuan pada beberapa layanan yang sudah disediakan.

Biasanya customer service nantinya akan membantu kamu menemukan solusinya. Kamu bisa menghubungi via email pada customerservice@gojek.com. Kemudian untuk nomor teleponnya sendiri adalah 02150849000. Bisa juga melalui Twitter dan Instagram @Gojekindonesia.

Selain itu bisa juga melalui Line dengan username Gojek Indonesia. Dengan menghubungi beberapa kontak tersebut kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat.

Jika melihat dari pembahasan tersebut, masalah pada Gopay tidak bisa scan barcode ketika melakukan transaksi memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkannya. Oleh karena itu, pahami setiap penyebabnya agar mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dengan baik.

FAQ | Pertanyaan Tentang Gopay Tidak Bisa Scan Barcode

Apakah ada biaya admin bayar Gopay scan barcode?

Tidak ada biaya admin ataupun biaya tambahan lain jika menggunakan Gopay scan barcode.

Kenapa Gopay barcode tidak terbaca?

Biasanya ada beberapa kemungkinan, seperti ponsel yang terlalu jauh, koneksi internet yang tiba-tiba mati ataupun penggunaan akun Gopay versi lama.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: