DANA Tidak Bisa Transfer? Ini Cara Mengatasinya!

DANA tidak bisa transfer, bagaimana solusinya? Hal ini mungkin saja masih menjadi pertanyaan bagi banyak pengguna aplikasi DANA. Karena tak sedikit yang merasa bingung ketika tidak bisa melakukan transfer tidak tahu solusi yang tepat.

DANA sendiri adalah salah satu dompet digital Indonesia yang punya lebih dari 90 juta pengguna aktif. Dengan adanya aplikasi ini bisa membantu para penggunanya untuk melakukan transaksi baik offline ataupun online, salah satunya adalah transfer. Tapi, bagaimana solusinya jika tidak bisa?

Lakukan Update Saat DANA Tidak Bisa Transfer

Seperti aplikasi keuangan secara umum, terkadang DANA juga melakukan pembaruan sistem atau yang lebih sering disebut dengan update. Hal ini biasanya akan berimbas pada beberapa atau bahkan semua pengguna OS dengan versi tertentu. Sehingga tidak bisa melakukan transfer.

Biasanya permasalahannya adalah kamu tidak melakukan update aplikasi tersebut saat meminta pembaruan. Oleh karena itu, beberapa fitur dan sistem pada aplikasi tidak bisa kamu gunakan. Jadi, solusinya adalah pastikan kamu terus mengupdate aplikasi DANA.

Pastikan Tidak Melebihi Limit

Selain karena update, gagal dalam melakukan transfer juga bisa karena akun DANA kamu sudah mencapai limit atau batas saldo. Hal ini cukup sering dialami oleh para pengguna karena kurang memahami tentang batas limit aplikasi DANA tersebut.

Untuk limit transfer DANA sendiri adalah Rp 20 juta untuk akun premium dan Rp 2 juta untuk akun biasa. Jadi, pastikan jika kamu tidak melebihi limit DANA tersebut.

Mengecek Koneksi Internet

Faktor lain yang bisa menimbulkan aplikasi DANA tidak bisa transfer adalah koneksi internet yang terputus ataupun buruk. Aplikasi ini memang berbasis internet, sehingga untuk bisa diakses kamu membutuhkan koneksi internet.

Jadi, ketika tidak bisa transfer, kamu bisa meningkatkan kualitas internet. Koneksi internet yang lambat sendiri bisa kamu atasi dengan beberapa cara. Misalnya saja menggunakan wifi, restart data dan mematikan lalu menghidupkan kembali data seluler ataupun wifi.

Memastikan Nomor Penerima Benar

Tidak jarang jika kamu tidak bisa melakukan transfer via DANA ini masalahnya ada pada kesalahan dalam mengetik nomor penerima. Sistem akan melakukan verifikasi pada akun yang nantinya akan dilakukan pengiriman.

Jadi, nomor penerima yang tidak terdaftar tentu saja tidak bisa diproses. Untuk cara mengatasinya sendiri adalah memastikan kembali nomor penerima tersebut benar.

Meningkatkan Jenis Keanggotaan

Kamu tidak bisa melakukan transfer via DANA juga bisa karena akun sudah mencapai limit sehingga bisa mengatasinya dengan upgrade ke akun DANA Premium. Karena khusus pada akun DANA basic, fitur transfer saldo memang hanya bisa terbatas ke sesama pengguna DANA.

Jenis keanggotaan basic ini bisa menyimpan saldo sampai dengan Rp 2 juta saja, sedangkan untuk saldo pada akun premium dapat mencapai Rp 10 juta.

Dengan melakukan hal tersebut, tentu saja kamu bisa mengakses berbagai fitur DANA lebih banyak. Selain itu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan, terlebih lagi limit transfer saldo ke sesama pengguna DANA ataupun rekening bank.

Membuka Kembali Aplikasi DANA

Jika penyebab aplikasi DANA yang tidak bisa transfer adalah karena bug ataupun error, sebaiknya kamu melakukan reopen aplikasi atau menutup kemudian membuka kembali aplikasi tersebut. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari daftar recent apps, lalu mengakses aplikasi tersebut kembali.

Untuk alternatif lainnya adalah menyegarkan kembali laman aplikasi. Caranya sendiri adalah dengan menarik layar dari atas ke bawah sampai tampilan refresh muncul.

Tapi, jika memang aplikasi tetap tidak bisa kamu akses setelah melakukan reopen ataupun refresh aplikasi, ada baiknya kamu menghapus aplikasi DANA tersebut dan mengunduhnya kembali.

Melakukan Transfer DANA Pada Jam Layanan Umum

Kamu bisa mencoba untuk melakukan transfer pada jam layanan umum. Meskipun DANA ini beroperasi selama 24 jam, tetapi sebaiknya kamu mencoba untuk memilih jam tertentu untuk transfer, baik itu ke sesama DANA ataupun ke rekening bank lain.

Untuk kelancaran proses transfer, terdapat dua jam layanan yang bisa kamu coba. Yaitu, pada pukul 04.00-10.00 WIB atau pukul 13.00-22.00 WIB. Pada jam tersebut kecil kemungkinan terjadi suatu perbaikan sistem ataupun server DANA.

Menghapus Cache Aplikasi DANA

Jika aplikasi DANA tidak bisa untuk melakukan transfer karena error, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache aplikasi tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena kapasitas cache pada aplikasi terlalu banyak. Cache sendiri berfungsi untuk menyimpan semua aktivitas pengguna pada DANA.

Jadi, semakin banyak aktivitas, tentu saja akan semakin cepat juga cache tersebut menumpuk. Oleh karena itu agar bisa mengurangi penumpukan cache, kamu bisa menghapusnya dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka menu Pengaturan pada ponsel kamu.
  • Kemudian buka menu Manajemen Aplikasi kemudian tap pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Setelah itu pilih aplikasi DANA dan tap pada opsi Hapus Cache.
  • Yang terakhir adalah tap Konfirmasi, dan nantinya semua cache akan terhapus.

Menghubungi Customer Service DANA

Yang terakhir tentu saja kamu bisa menghubungi customer service DANA. Terutama jika beberapa cara di atas sudah tidak bisa mengatasi masalah DANA yang tidak bisa transfer. Kamu bisa menghubungi customer service via beberapa kontak, dari nomor telepon sampai sosial media.

Demikian, beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dan pelajari bagaimana cara mengatasi saat aplikasi DANA tidak bisa transfer. Dengan beberapa cara tersebut tentunya kamu akan lebih mudah untuk mengatasi permasalahan dan bisa segera melakukan transfer secara lancar.

FAQ | Pertanyaan Tentang DANA Tidak Bisa Transfer

Bagaimana cara menghubungi customer service saat DANA tidak bisa digunakan untuk transfer?

Bisa dengan beberapa cara seperti melalui telepon pada nomor 1500445, via email help@dana.id, Twitter @danawallet, Facebook @danawallet, Instagram @dana.id dan website pada https://dana.id/contactus.

Kenapa DANA bisa error dan tidak bisa untuk transfer?

Tentu saja bisa karena beberapa hal seperti sistem sedang sibuk, koneksi internet buruk, salah mengetik nomor ponsel penerima dan yang lainnya. Jadi, ketika ingin mengatasi permasalahan tersebut, pastikan tahu apa penyebabnya terlebih dulu.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: