Dana Dompet Legal atau Ilegal? Ternyata Begini Faktanya!

Dana Dompet Legal atau Ilegal

Aplikasi pinjaman online (pinjol) seperti Dana Dompet telah menjadi pilihan alternatif buat para Gen Z yang ingin mengajukan kredit. Aplikasi ini sudah didukung oleh berbagai macam program pinjaman yang membantu kamu untuk mengajukan kredit uang maupun barang. Namun, apakah Dana Dompet legal atau ilegal untuk dipakai bertransaksi? 

Sebagai salah satu aplikasi fintech yang baru dirilis di tahun 2023, Dana Dompet memang menawarkan beberapa jenis program pinjaman yang menggiurkan. Namun, sebelum kamu mengajukan pinjaman di aplikasi ini, coba kamu cari tahu dulu fakta legalitasnya berikut ini! 

Mencairkan pinjaman kredit memang butuh waktu dan proses yang lama. Tapi dengan hadirnya aplikasi pinjol seperti Dana Dompet, kamu sudah bisa mencairkan pinjaman kredit secara instan. Melalui layanan pinjaman online ini, kamu tidak perlu mengikuti proses pengajuan yang rumit. 

Sebab, Dana Dompet menawarkan layanan pinjaman online yang bisa cair dalam waktu 1 x 24 jam. Tak heran kalau aplikasi ini cukup populer dan sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna aktif. 

Secara umum, Dana Dompet merupakan aplikasi kredit online yang masih diragukan keamanannya. Maka dari itu, kamu tetap harus berhati-hati ketika mengajukan pinjaman di aplikasi ini agar tidak terjebak ke dalam scamming/penipuan. 

Ada banyak rumor buruk yang beredar tentang aplikasi Dana Dompet. Walaupun aplikasinya baru saja rilis pada tahun 2023 ini, namun sudah banyak testimoni negatif yang mempermasalahkan tawaran pinjaman online yang tersedia. 

Untuk mengecek aktualitas dari rumor tersebut, sebaiknya kamu cari tahu dulu fakta-faktanya. Dengan cara itulah, kamu baru bisa menentukan apakah aplikasi Dompet Dana ini termasuk legal atau justru ilegal. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta yang harus kamu ketahui! 

Belum Terdaftar OJK

Hampir semua aplikasi fintech yang menawarkan program pinjaman online pasti sudah terdaftar di bawah naungan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sayangnya, sampai saat ini aplikasi Dana Dompet belum terdaftar di OJK. 

Jika ada aplikasi fintech yang belum terdaftar di OJK, maka sebagai calon debitur kamu wajib mencurigainya. Sebab, aplikasi yang belum terdaftar di OJK akan lebih rawan untuk terjadi penipuan atau pembajakan.  

Punya Aplikasi Beranak

Sebagai aplikasi fintech, Dana Dompet juga menyediakan aplikasi lain yang menjadi sub dari aplikasi utamanya. Maka dari itu, aplikasi ini beranak pinak untuk mengecoh aparat hukum agar tidak terjerat hukum.   

Menurutmu, Dana Dompet legal atau ilegal bila dilihat dari fakta ini? Platform pinjol seperti ini sudah pasti adalah aplikasi yang ilegal, karena platformnya ada banyak dan tidak cuka satu saha. Tujuannya adalah agar terhindar dari pantauan Kemenkominfo atau OJK. 

Tidak Ada Alamat Kantor 

Sebelum kamu terlanjur mengajukan pinjaman online di platform Dana Dompet, maka selidiki dulu latar belakang perusahaannya. Kamu bisa mulai mencari tahu alamat kantornya dengan melakukan pengecekan di Google Map atau Google. 

Jika hasil pencariannya tidak menunjukkan tanda-tanda perusahaan yang benar dan kredibel, maka jangan ajukan pinjaman di platform ini. Aplikasi pinjol yang kredibel dan aman pasti memiliki alamat kantor yang asli dan tertera di Google Maps. 

Potongan Bunga Terlalu Besar 

Biasanya, Dana Dompet sering memberikan iming-iming limit pinjaman dan tenor yang menggiurkan. Bahkan, aplikasi ini sempat juga menawarkan fasilitas yang menarik seperti suku bunga rendah dan gratis biaya pendaftaran. 

Sayangnya, fasilitas semacam itu hanya omong kosong belaka karena potongan bunga yang diberikan justru terlalu besar. Faktanya, suku bunga kredit yang kamu pinjam akan bertambah dan tenor pinjamannya cuma tersedia selama 7 hari saja. 

Ada Teror dari DC

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu kalau aplikasi Dana Dompet memiliki DC (Debt Collector). Pihak DC inilah yang bertugas untuk menagih cicilan pinjaman kamu menjelang jatuh tempo. 

Sayangnya, sudah ada banyak debitur yang mengalami hal buruk karena terlambat membayar cicilan. Bahkan seringkali petugas DC inu memaki-maki para peminjam dengan kata-kata yang kasar. Meskipun DC dari Dana Dompet tidak turun ke lapangan, namun tetap saja meresahkan. 

Menyebarkan Data Pribadi 

Dana Dompet seringkali menyebarkan data-data pribadi para penggunanya yang tidak bisa membayar cicilan per bulan. Apabila kamu tidka bisa membayra cicilan pinjamannya, maka seluruh data-data pribadi kamu akan tersebar ke khalayak luas. 

Bahkan seringkali data-data tersebut dipakai untuk membuka Donasi atas nama dirimu, meski bukan kamu yang meminta bantuan donasi. Karena hal inilah, Dana Dompet bisa masuk ke kategori ilegal dan wajib kamu waspadai. 

Akhir Kata 

Lalu, apakah Dana Dompet legal atau ilegal untuk dipakai? Setelah mempertimbangkan ulasan fakta-fakta di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa aplikasi fintech ini termasuk ilegal. Jika kamu nekat memakai dan mengajukan pinjaman uang di aplikasi ini, maka akan ada konsekuensi yang harus kamu tanggung. 

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: