Cara Tutup Akun DANA Permanen, Syarat dan Alasannya

Cara tutup akun DANA permanen seperti apa? Hal ini memang sering kali masyarakat tanyakan, terutama untuk mereka yang sudah tidak menggunakan akun DANA lagi atau beberapa masalah lainnya. Pada dasarnya menutup akun DANA bisa secara permanen ataupun sementara.

Biasanya beberapa pengguna DANA memilih untuk menutup akun DANA secara permanen karena suatu hal. Misalnya saja karena sudah tidak digunakan lagi, ganti nomor telepon ataupun akun bermasalah. Sehingga agar tidak ribet mereka memilih untuk menutup akun tersebut.

Alasan Menutup Akun DANA Permanen

Sebelum kita membahas tentang cara menutup akun DANA secara permanen, kamu juga perlu tahu apa saja alasan beberapa orang menutup akun DANA tersebut. Adapun, berikut beberapa alasannya:

1. Sudah Tidak Digunakan

Untuk alasan yang pertama adalah karena akun DANA tersebut sudah tidak digunakan lagi. Terkadang menurut beberapa orang menggunakan DANA sebagai metode pembayaran membutuhkan waktu karena harus melakukan top up terlebih dulu.

Selain itu juga mungkin karena adanya beberapa hal membuat saldo pada akun berkurang, sehingga mereka memilih untuk menutup akun DANA dan tidak menggunakan aplikasi tersebut.

2. Diretas Orang Tidak Bertanggung Jawab

Kemudian alasan berikutnya bisa juga karena akun DANA diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga merugikan untuk penggunanya. Oleh karena itu, jika menyadari akun diretas mereka memilih untuk segera menutup akun secara permanen agar tidak rugi besar.

3. Akun Dibekukan

Selain itu, banyak juga para pengguna yang memilih untuk menutup akun DANA secara permanen karena akunnya dibekukan pihak DANA. Hal tersebut biasanya karena terdapat aktivitas yang mencurigakan ataupun yang lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tutup Akun DANA

Sebelum kamu memulai untuk menutup akun DANA secara permanen, tentu saja kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya adalah agar nantinya tidak ada kerugian yang kamu alami. Berikut, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menutup akun DANA:

1. Pastikan Saldo Kosong

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan terdapat saldo yang tersisa pada akun DANA kamu. Jika memang saldo pada akun DANA kamu masih, sebaiknya lakukan transfer ataupun menggunakannya terlebih dulu. Setelah kosong baru bisa kamu tutup akunnya.

2. Melunasi Paylater DANA

Kemudian kamu juga harus memastikan untuk membayarkan dan melunasi semua paylater DANA yang kamu miliki. Akun DANA tidak akan bisa ditutup jika ada kewajiban yang belum kamu selesaikan.

3. Pastikan Alamat Email Aktif

Pastikan juga jika alamat email yang kamu gunakan untuk akun DANA masih aktif serta benar. Hal satu ini akan sangat dibutuhkan untuk melakukan proses verifikasi dan juga komunikasi.

Aset Pada DANA eMAS

Jika memang kamu punya aset pada fitur DANA eMAS, ada baiknya jika kamu tidak menutup akun DANA secara permanen. Karena sebenarnya akun juga tidak bisa ditutup dan hal ini sudah menjadi kebijakan dari pihak DANA.

Akun tersebut merupakan sebuah bukti kepemilikan emas dan fitur itu sendiri juga akan tetap aktif. Jadi, kamu harus tahu dulu kebijakan satu ini.

Cara Tutup Akun DANA Permanen

Jika kamu sudah memastikan ingin menutup akun DANA secara permanen serta memenuhi beberapa hal yang harus kamu perhatikan tersebut, tentu saja bisa langsung menutupnya. Untuk langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ada beberapa macam, berikut cara tutup akun DANA permanen:

1. Tutup Akun DANA Permanen via Website Resmi

Kamu bisa menutup akun DANA secara permanen melalui website resmi dari DANA. Untuk langkah-langkahnya juga cukup mudah. Berikut, di antaranya:

  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi situs resmi dari DANA pada alamat https://www.dana.id/contact.
  • Kemudian kamu bisa langsung mengisi formulir dan data diri yang sudah tersedia, misalnya nama lengkap, nomor HP dan juga alamat email.
  • Lalu, tuliskan permintaan penutupan akun DANA kamu dengan alasan yang tepat dan jelas pada kolom yang sudah tersedia.
  • Kirimkan formulir tersebut kemudian kamu bisa menunggu email balasan dari DANA.
  • Untuk proses penutupan DANAnya sendiri membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja. Jika kamu sudah menerima email dari DANA, tentunya akun kamu akan nonaktif kemudian dihapus dalam 30 hari. Kamu harus memastikan untuk tidak melakukan login kembali selama periode tersebut.

2. Menutup Akun DANA Permanen via Email

Selain melalui website resmi, kamu juga bisa melakukan penutupan akun DANA secara permanen melalui email. Untuk caranya juga sangat mudah, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  •  Kamu bisa membuka email yang sudah terdaftar pada akun DANA milik kamu sendiri.
  • Kemudian buatlah email menggunakan subject “Pengajuan Penutupan Akun DANA”.
  • Jangan lupa untuk menjelaskan secara detail apa saja alasan kamu menutup akun DANA tersebut dan sertakan pula username serta nomor HP yang kamu gunakan.
  • Kirimkan email tersebut ke alamat help@dana.id.
  • Tunggu balasannya dan ikuti saja semua panduan yang sudah pihak DANA berikan.

3. Tutup Akun DANA Permanen via Panggilan Telepon

Selain itu kamu juga bisa menutup akun DANA secara permanen melalui panggilan telepon. Lalu, untuk langkahnya bagaimana? Berikut, di antaranya:

  • Langsung saja membuka menu telepon pada perangkat kamu.
  • Kemudian hubungi customer service DANA pada nomor 1500445.
  • Setelah pihak DANA memberikan respon, kamu bisa mulai menjelaskan apa tujuan panggilan tersebut dan sampaikan juga keinginan untuk menghapus akun DANA kamu. Pastikan kamu menyampaikan alasannya secara jelas.
  • Berikan semua data diri yang pihak DANA minta.
  • Sampaikan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun DANA tersebut.
  • Ikuti semua panduan dari customer service untuk menutup serta menghapus akun DANA kamu.

4. Cara Menutup Akun DANA via Aplikasi

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menutup akun DANA secara permanen melalui aplikasi itu sendiri. Hal ini bisa kamu lakukan untuk akun DANA biasa ataupun premium. Terlebih untuk kamu yang tidak ingin prosesnya ribet. Langkah-langkahnya adalah sebagai  berikut:

  • Buka aplikasi DANA yang ada pada ponsel kamu.
  • Tap pada ikon Profil.
  • Kemudian kamu bisa memilih menu Help Center.
  • Tap pada bagian menu Account & Profile.
  • Tap Submenu Account & Profile.
  • Ketikkan Delete Account yang ada dalam kolom pencarian, kemudian kamu pilih cari pertanyaan yang bertuliskan What if I Want to Stop Using DANA?
  • Tap pada ikon chat berwarna biru yang bertuliskan Resolution Center.
  • Kamu bisa memasukkan data diri, kemudian identitas, alasan serta masalahnya. Pastikan kamu menuliskannya secara detail dan jelas.
  • Kirimkan serta tunggu balasan dari pihak DANA dan nantinya permintaan kamu akan segera proses.

Jadi, itulah beberapa syarat dan cara tutup akun DANA permanen yang bisa kamu lakukan jika sudah tidak ingin menggunakan DANA sebagai metode pembayaran ataupun transaksi lainnya. Dengan adanya beberapa cara tersebut tentu saja kamu bisa memilih cara mana yang sesuai kebutuhan kamu.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Tutup Akun DANA Permanen

Berapa lama proses penutupan akun DANA?

Hal ini tergantung dari masing-masing akun, tapi biasanya proses penutupannya membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja.

Bagaimana jika akun yang akan ditutup masih ada cicilan paylater?

Tentu saja pengguna harus melunasi dan menyelesaikan paylater tersebut lebih dulu baru bisa menutup akun DANA secara permanen.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: