Cara Transfer Ke BCA Digital & Biayanya [Panduan Lengkap]

Banyaknya masyarakat yang awam dalam tata cara transfer ke BCA digital. Ini menjadi salah satu contoh kasus kurangnya pengetahuan masyarakat dalam menggunakan teknologi yang serba digital looh.

Pada era digital saat ini sangat banyak perkembangan kegiatan yang menggunakan metode digital. Begitu pun dalam kegiatan transaksi keuangan yang banyak menggunakan teknologi digital.

Dengan adanya metode digital ini, sebenarnya sangat memudahkan kita selaku masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Terutama yang mengacu pada transaksi keuangan di suatu bank dengan nasabahnya.

Karena banyaknya yang bertanya perihal cara transfer ke Bank BCA digital. Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan panduan dalam cara mengtransfer ke Bank BCA Digital. Bahkan banyak juga yang menanyakan berapa biaya transfer yang harus kita bayarkan.

Dengan begitu, kamu akan tahu detailnya bagaimana cara transfer, prosedur serta nominal biaya transfernya. Yuuk disimak, berikut adalah tata caranya:

Apa itu BCA Digital?

Bank Digital di Indonesia kini semakin populer keberadaannya. Persaingan Bank Digital di Indonesia pun tak bisa terhindari dan persaingannya semakin ketat. Bank Digital sendiri merupakan bank yang berbadan hukum Indonesia atau sering disingkat (BHI).

BHI ini yang menyediakan, menjalankan segala kegiatan usaha bank terutama yang mengacu pada saluran elektronik yang tanpa adanya kantor fisik. Era moderen ini, masyarakat pun menjadi dipermudah dalam melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan bank.

Dengan begitu, kita selaku masyarakat tidak perlu lagi untuk keluar rumah kemudian datang ke bank konvensional untuk membuat rekening bank.

Karena dengan adanya Bank Digital, kita bisa membuat rekening bank cukup dari rumah menggunakan ponsel untuk mendaftarkan diri dalam membuat rekening secara online.

BCA Digital adalah Bank yang sebelumnya bernama PT Bank Royal Indonesia, namun pada saat tahun 2019 Bank Royal Indonesia diakusisi oleh BCA (Bank Central Asia). Pada tahun 2020 resmi diberi nama menjadi PT Bank Digital BCA.

Setelah diakuisisi dan diubah nama, serta konsepnya menjadi tabungan online yang sangat berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Dengan menawarkan fitur serba online dan memudahkan segala kegiatan transaksi keuangan.

PT Bank Digital BCA adalah bank yang lahir seutuhnya dalam dunia digital. Bertujuan agar para nasabahnya merasakan kemudahan dalam segala urusan perbankan. Melalui platform yang akan terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi pada saat ini.

Bank Digital BCA merupakan Bank Digital yang beroperasi tanpa adanya cabang (branchless), dengan begitu BCA Digital ini akan mengusung fitur pendukung dalam setiap kegiatan finansial bank serba online.

Bank Digital milik PT Bank Central Asia ini beroperasi menggunakan platform online bernama Blu. Dengan kehadirannya yang masih baru ini, BCA Digital ini disebut-sebut menjadi Bank Digital nomor 1 di Indonesia.

Karena berdasarkan riset The Asian Banker, Blu atau BCA Digital ini tercatat menjadi bank digital terbaik di Indonesia serta Blu juga masuk dalam Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 yang dirilis oleh The Asian Banker.

Bedanya BCA Digital & BCA Biasa

Banyak perbedaan yang mendasar dari BCA Digital dan BCA biasa. Seperti contohnya banyak orang yang beranggapan bahwa BCA Digital ini sama saja dengan Mobile Banking BCA. Namun aggapan ini ternyata kurang tepat looh.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang cukup mendasar dari BCA Digital & BCA biasa:

  • Model Operasional Perbankan, perbedaan mendasar yang pertama adalah Model Operasional Perbankan yang dimana BCA Digital tidak mempunyai kantor cabang (branchless) seperti bank konvensional pada umumnya yang memiliki banyak kantor cabang. Dan BCA biasa tentunya sangat membutuhkan banyak kantor cabang untuk beroperasi, baik untuk bertransaksi ataupun untuk mencari informasi tentang produknya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah banyaknya kantor cabang BCA di indonesia kurang lebih ada 1.274 kantor cabang yang tersebar.
  • Layanan Pembukaan Rekening, hal perbedaan mendasar berikutnya adalah Layanan Pembukaan Rekening untuk BCA Digital sendiri terbilang mudah, calon nasabah digital dalam membuka rekening ataupun membuka tabungan baru menggunakan aplikasi Blu yang merupakan platform BCA Digital. Sementara BCA biasa mengharuskan kita sebagai calon nasabahnya untuk mendatangi kantor cabang terdekat untuk membuka rekening ataupun kartu ATM.
  • Pelayanan Perbankan, perbedaan selanjutnya adalah Pelayanan Perbankan seluruh aktivitas pelayanan nasabah mulai dari informasi produk, layanan bantuan, dan lainnya dilakukan secara online melalui aplikasi Blu. Sedangkan BCA konvensional biasa melakukan pelayanan secara langsung di kantor cabang atau secara offline maupun secara online.
  • Biaya Operasional, perbedaan selanjutnya yaitu Biaya Operasional yang dimana biaya ini sangat banyak dimiliki oleh BCA konvensional biasa hal ini karena banyaknya kantor cabang yang dimiliki, maka biaya operasionalnya pun tinggi. Sedangkan BCA Digital memiliki biaya operasional jauh lebih murah dikarenakan tidak memiliki kantor cabang.
  • Proses Transaksi Nasabah, perbedaan yang terakhir adalah Proses Transaksi Nasabah seperti halnya sebagai nasabah BCA Digital kita bisa melakukan berbagai transaksi dimana saja dan kapan saja tanpa perlu datang ke kantor cabang dan tanpa mengantri. Karena segala aktivitas transaksi perbankan bisa dilakukan tanpa kartu ATM dan dilakukan sepenuhnya online. Sedangkan BCA biasa pun sebenarnya bisa melakukan secara online yaitu dengan menggunakan Mobile Banking, namun kebanyakan nasabah melakukan transaksi di ATM atau kantor cabang yang jelas sangat membutuhkan waktu yang lama.

Cara Transfer ke BCA Digital

Dengan umurnya yang masih seusia tanaman jagung, maka tentu masih banyak orang yang belum mengerti akan cara transfer ke BCA digital. Baik cara transfer ke BCA Digital dari BCA biasa maupun transfer menggunakan bank lain.

1. Cara Transfer ke BCA Digital dari BCA Biasa

Pertama-tapi buka aplikasi M-Banking BCA, kemudian pilih menu “Transfer antar Bank”. Pilih Bank Digital BCA di daftar bank penerima.

Kemudian masukan kode BCA Digital (501) diikuti nomor rekening Blu yang akan kamu tuju, dan masukan nominal yang diinginkan setelah itu Klik transfer hingga kamu memasukan PIN. Lanjutkan sampai ada informasi Transfer berhasil dan beres deh.

2. Cara Transfer ke BCA Digital dari Bank Lain

Buka aplikasi MBanking kamu kemudian pilih menu “Transfer antar Bank” dilanjut dengan pilih BCA Digital atau Bank Royal didaftar Bank penerima jangan lupa masukan kode Bank BCA Digital (501) diikuti dengan nomor rekening Blu yang ingin kamu tuju.

Masukan jumlah nominal yang ingin kamu kirim, dan masukan juga kode PIN untuk akses transfer. Kemudian lanjut sampai ada informasi transaksi berhasil dan selesai. mudah bukan?

Biaya Transfer Ke BCA Digital

Kamu bisa transfer dari BCA biasa ke BCA Digital, ataupun sebaliknya maka tidak akan dikenakan biaya atau gratis. Sementara jika kamu ingin transfer ke bank lain dari Bank Digital BCA, ataupun sebaliknya maka kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.2.500,-.

Nahh itulah beberapa informasi seputar BCA Digital, mulai dari cara transfer ke BCA digital hingga informasi biaya transfer dan lainnya yang pastinya penting dan bermanfaat untuk kamu ketahui yaa.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: