Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Cara sukses dropship di Shopee bisa dilakukan mulai dari melakukan riset pasar, pemilihan produk yang bagus hingga melakukan promosi yang efektif.

Menjadi seorang dropshipper sukses di Tokopedia itu susah-susah gampang. Selama kamu tahu strategi bermainnya, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Di sini akan saya coba berikan tips terbaik untuk menjadi seorang dropshipper sukses di Shopee.

Dropshipper Shopee Adalah

Dropshipper ini merupakan seorang yang menjual suatu produk milik pihak lain. Dengan begitu, dropshipper tidak perlu menyetok dan mengirimkan barang atau produk.

Karena pada dasarnya proses pengiriman ini dilakukan oleh pihak produsen atau pemasok besar. Dropshipper bekerja diberbagai Marketplace contohnya Shopee.

Dengan kata lain, dropshipper hanya bertugas membuka toko dan mempromosikan produk. Dan sisanya, proses produksi hingga pengiriman akan dikirim oleh produsen

10 Cara Sukses Dropship di Shopee

Jika kamu berniat untuk menjadi seorang dropshipper di Shopee. Maka kamu wajib tahu beberapa cara agar sukses menjadi dropshipper di e-Commerce Shopee ini.

Memang apa saja cara suksesnya? Yuuk langsung saja dan perhatikan poin-poin dibawah ini.

1. Pilih Riset Pasar

Dengan melakukan riset pasar, maka kamu dapat mengetahui produk atau barang yang sedang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Kelebihan dari tips riset pasar ini adalah kamu bisa serba tahu tentang suatu produk tren dan paling dicari. Dengan begitu, kamu bisa menyediakan multi produk untuk dijual.

2. Pilih Produk yang Disukai

Disamping riset pasar, kamu juga bisa menyediakan produk atau barang yang kamu sukai.

Semisalnya kamu menyukai koleksi sepatu dan kamu menjadi dropshipper produk sepatu. Maka kamu bisa mengembangkan dan meningkatkan promosi sepatu.

3. Buat Konten Produk Menarik

Cara selanjutnya ini, kamu dituntut untuk membuat konten produk yang kamu pilih dan akan promosikan tentunya. Konten yang kamu buat haruslah semenarik mungkin.

Karena selain konsumen tertarik dengan harga yang murah dan bagus. Konsumen juga tertarik dengan cara kamu mempromosikan produk dengan berbagai konten.

4. Pikirkan Konsep yang Menarik

Sama seperti halnya membuat konten, namun konsep terlebih dulu datang sebelum kamu melakukan mixing atau mencampurkan kedua hal tersebut.

Konsep yang matang maka akan menghasilkan ide untuk berbagai konten barang atau produk. Contoh seperti iklan produk jas hujan yang identik disesuaikan dengan hujan.

5. Cantumkan Lokasi pada Keterangan

Pencantuman lokasi disini berguna sebagai patokkan dari biaya pengiriman dari produk atau barang yang dijual. Perlu kamu ketahui, jika konsumen tersebar di Indonesia.

Pada dasarnya, dengan mencantumkan lokasi ini maka setiap konsumen bisa menyesuaikan harga. Ataupun ketika harus menghitung biaya pengiriman barang.

6. Cari Toko Star Seller

Cara sukses menjadi dropshipper selanjutnya adalah dengan kamu mencari dan memilih toko yang sudah berstatus Star Seller.

Yang artinya toko tersebut merupakan toko yang aktif dan pelayanan yang baik pada konsumennya. Maka dari itu, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai dropshipper toko itu.

7. Pilih Toko dengan Penjualan dan Stok Terbanyak

Jika kamu memilih toko terutama dengan penjualan serta stok yang banyak. Kamu dengan mudah mengembangkan bisnis kamu sebagai dropshipper Shopee.

Mengapa begitu? Karena dengan banyaknya penjualan serta stok yang tersedia banyak. Kamu tidak perlu khawatir dengan ketersediaan produk atau pun barang.

8. Hubungan Baik dengan Supplier

Cara sukses dropship di shopee selanjutnya yaitu hubungan baik dengan supplier membuat kamu sangat bergantung pada supplier atau vendor untuk kelancaran.

Memilih supplier yang tepat dan baik. Kemudian juga, jaga hubungan dengan supplier agar kelak keduanya dapat membangun usaha yang maju bersama-sama.

9. Hindari Menjual Produk Non Ori (KW)

Advertisement

Kualitas produk atau barang yang dijual merupakan salah satu ketertarikan konsumen pada produk atau barang yang dijual. Dengan begitu, hindari menjual barang KW.

Karena jika kamu menjual barang KW, maka konsumen akan berpikir barang yang ia beli merupakan barang asli dan dia merasa dirinya telah ditipu dengan barang KW.

10. Manfaatkan Fitur Promosi

Jika kamu memilih sebagai dropship di Shopee dan kamu memilih sebagai penjual. Maka kamu dapat menggunakan fitur promosi yang tersedia di e-Commerce Shopee.

Karena jika kamu memanfaatkan fitur promosi, maka kamu dapat dengan mudah memancing lebih banyak pembeli atau konsumen looh.

Faktor Kegagalan Dropship di Shopee

Namun jangan salah, menjadi dropship di Shopee pun harus waspada akan kegagalan. Karena dropship Shopee lumayan tinggi akan kegagalannya.

Berikut ini merupakan beberapa faktor kegagalan dropship di Shopee. Yang tentunya bisa saja kamu alami. Mari simak uraian dibawah ini.

1. Fokus pada Hal-Hal yang Salah

Faktor pertama ini mengacu pada banyaknya orang yang menghabiskan waktu sangat lama. Hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk membuat dropship.

Dikarenakan orang-orang tersebut meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Hanya untuk membuat deskripsi atau pop-up pada toko terlihat bagus sempurna.

2. Pola Pikir yang Salah dari Kesuksesan Dropship

Metode dropshipping bukanlah suatu skema usaha yang bisa menghasilakan uang begitu saja. Karena sebenarnya tidaklah mudah menghasilkan uang dari dropshipping.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui dan menyadari benar sebelum terjun menjadi dropshipper Shopee. Agar kelak kamu tidak salah persepsi dari bisnis ini.

3. Mencoba Melakukan Semuanya Sekaligus

Memang ini merupakan salah satu faktor dari keinginan cepat mendapatkan penjualan yang banyak. Namun ini juga yang bisa menjadi senjata makan tuan.

Karena terburu-buru dan melakukan semuanya sekaligus. Maka banyak juga daftar tugas yang muncul dan ujung-ujungnya kewalahan dengan ulah sendiri.

4. Kurangnya Penggunaan Analisis

Faktor kegagalan lainnya, yaitu dropshipper yang selalu tidak menggunakan perangkat analisis dengan benar.

Karena pada dasarnya seorang dropshipper wajib mengetahui beberapa program analisis seperti Facebook Pixel dan juga Google Analytics

5. Tidak Memahami Pola Penayangan

Banyaknya dropshipper yang tidak mengerti akan pola lalu lalang konsumen ke toko online mereka. Mungkin yang mereka pikirkan adalah orang datang secara otomatis.

Namun kenyataannya adalah sebagian toko dropshipping yang berhasil atau sukses. Mereka berhasil dengan strategi penggunaan SEO (Search Engine Optimization).

6. Tidak Melakukan Riset Terlebih Dulu

Untuk bisa mengetahui keadaan pasar di masyarakat luas. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset pasar sebaik-baik mungkin.

Karena dengan riset pasar kamu bisa menentukan barang atau produk apa yang akan kamu ambil untuk dipromosikan. Dan akhirnya produk tersebut bisa terjual.

7. Kurangnya Inovasi

Faktor terakhir adalah kurangnya inovasi dari seorang dropshiper itu sendiri. Karena ia dituntut untuk dapat melakukan inovasi terhadap berbagai jenis barang.

Maksud inovasi disini adalah cukup dengan mengganti jenis barang yang kamu promosikan. Agar jenis produk tersebut bisa menarik perhatian konsumen.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dari dari informasi mengenai cara sukses dropship di shopee yang saya sampaikan tadi. Mohon maaf apabila terdapat salah kata atau kalimat.

Terimakasih sudah menyempatkan membaca, semoga informasi diatas tadi dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin daftar dropshipper di e-Commerce Shopee yaa.

Advertisement