Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri dan Syaratnya

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri dan Syaratnya

Cara menonaktifkan kartu kredit Mandiri banyak dicari oleh para pengguna kartu kredit dari Bank Mandiri yang ingin menutupnya. Memang masing-masing orang memiliki alasan tersendiri, salah satunya adalah pengguna tidak ingin menggunakan kartu kredit lagi.

Sebenarnya penggunaan kartu kredit memang cukup membantu transaksi keuangan, namun beberapa orang memilih untuk menutup atau menonaktifkannya karena menghindari perilaku konsumtif. Lalu, bagaimana cara menonaktifkannya?

Syarat Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri

Sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk menutup atau menonaktifkan kartu kredit Mandiri tersebut, tentunya kamu harus tahu apa saja syarat dan ketentuannya. Dengan demikian nantinya bisa berjalan dengan lancar. Untuk beberapa syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Mengecek Mutasi Transaksi dan Melunasi Tagihan

Sebelum kamu menutup kartu kredit Mandiri, tentunya perlu untuk mengecek mutasi transaksi dari kartu kredit. Kamu perlu melihat apakah semua transaksi selama ini wajar serta tidak terdapat penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Dengan hal ini, kamu bisa melihat jumlah tagihan yang wajib untuk kamu bayarkan sebelum menonaktifkan kartu kredit tersebut. Selain itu, lihat juga apakah kamu mempunyai denda yang harus dibayarkan ke bank atau tidak.

Sebagai pengguna kartu kredit, kamu juga harus melunasi semua tagihan mulai dari transaksi, bunga, iuran rutin dan beberapa biaya lain. Jika kamu tidak melunasi semua tagihan tersebut tentunya proses nonaktif kartu kredit tidak bisa kamu lakukan.

2. Menonaktifkan Fitur Auto Debit

Kamu juga harus menonaktifkan fitur auto debit pada kartu kredit kamu sebelum mengajukan penonaktifan kartu kredit Mandiri. Biasanya untuk fitur auto debit ini digunakan untuk membayarkan tagihan listrik, internet, air dan beberapa tagihan lain.

Kamu dapat menghubungi pihak penyedia jasa yang terkait. dengan demikian tentu saja akan mencegah adanya tagihan yang masuk setelah kamu menutup kartu kredit tersebut.

3. Mengecek Masa Berlaku Kartu Kredit

Hal ini menjadi syarat wajib jika kamu ingin menutup kartu kredit Mandiri. Usahakan untuk tidak mengajukan penutupan kartu kredit tersebut terlalu mepet dengan masa berlaku kartu kredit tersebut.

Kamu bisa mengajukan penutupan tersebut 3 bulan sebelum masa berlaku kartu kredit berakhir. Karena nantinya pihak bank tidak akan menerima pengajuan penutupan kartu kredit. Sehingga kartu kredit kamu dapat digunakan dalam satu periode lagi.          

Kamu bisa menghindari penggunaan kartu kredit pada bulan tersebut, hal ini bertujuan agar tidak terjadi pembengkakan tagihan selama proses penutupan kartu kredit tersebut. Selain itu juga agar pihak bank tahu jika kamu sudah tidak membutuhkannya lagi.

4. Menggunakan Poin Fiesta

Pada kartu kredit Mandiri ada sistem poin yang bernama Fiesta, kamu harus menghabiskannya sebelum penutupan kartu kredit tersebut. Kamu bisa menggunakan poin tersebut untuk belanja karena sayang jika semua poin Fiesta tersebut harus hangus sia-sia.

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri Mudah

Setelah semua persyaratan tersebut sudak kamu lakukan, tentunya kamu dapat melakukan pengajuan untuk penutupan kartu kredit Mandiri tersebut. Untuk caranya cukup mudah, berikut cara menonaktifkan kartu kredit Mandiri yang bisa kamu lakukan:            

1. Melakukan Pengajuan ke Bank Mandiri

Kamu harus melakukan pengajuan permohonan untuk menonaktifkan kartu kredit dengan tertulis kepada pihak Bank Mandiri. Pilihan lain kamu bisa melakukan pengajuannya secara lisan dengan menghubungi Call Center ataupun Phone Banking.

Pengajuan untuk penutupan kartu kredit Mandiri tersebut juga harus kamu lakukan paling lambat 3 bulan sebelum masa berlaku kartu kredit habis. Untuk proses penutupannya juga bisa kamu lakukan jika semua tagihan sudah lunas.

2. Menunggu Proses Penonaktifan Kartu Kredit

Setelah kamu mengajukan permohonan untuk menonaktifkan kartu kredit, nantinya pihak bank akan memblokir kartu kredit kamu. Dalam hal ini kamu memiliki kewajiban untuk melunasi semua tagihan kartu kredit. Jika semua belum lunas tentunya proses tidak akan berlanjut.

Setelah semua tagihan kamu lunas, tentunya pihak bank akan langsung menyelesaikan proses penutupan kartu kredit. Untuk prosesnya sendiri biasanya berlangsung dalam 3 hari kerja serta secara otomatis akan menutup kartu tambahan lain.

Lalu, pihak bank akan mengembalikan saldo kredit ke rekening kamu. Saldo kredit tersebut pasti ada pada setiap kartu kredit. Jika kamu tidak mempunyai rekening bank Mandiri, saldo kredit nantinya akan tersimpan ke rekening di luar Mandiri dan sesuai dengan kesepakatan. 

Jika proses dari penonaktifan kartu kredit Mandiri sudah berhasil, kartu kredit nantinya akan digunting pada bagian chipnya. Pengguntingan tersebut dapat kamu lakukan sendiri ataupun pihak bank Mandiri.

3. Meminta Bukti Kartu Kredit Sudah Nonaktif

Selain itu, kamu juga harus meminta bukti yang otentik kepada pihak bank setelah mengajukan penutupan kartu kredit. Bukti tersebut sebagai tanda jika kamu sudah menonaktifkan kartu kredit. Kamu juga perlu untuk meminta bukti pelunasan tagihan agar tidak terdapat penagihan lagi.

Itulah beberapa cara menonaktifkan kartu kredit Mandiri yang bisa kamu lakukan lengkap dengan syaratnya. Jadi, sebelum melakukan penutupan kartu kredit pastikan memenuhi setiap persyaratannya agar proses menjadi lebih lancar.     

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri            

Apakah menutup kartu kredit Mandiri ada biaya?

Tidak ada biaya lainnya, kecuali kamu harus membayarkan semua tagihan yang dibebankan dalam kartu kredit tersebut.

Apakah penutupan kartu kredit Mandiri bisa secara online?

Tentunya bisa, kamu dapat menghubungi call center secara langsung, nantinya akan dijelaskan seperti apa prosedurnya.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: