Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega Secara Resmi

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega Secara Resmi

Cara menonaktifkan kartu kredit Bank Mega, seperti apa prosedurnya? Hal ini sering kali ditanyakan oleh para pengguna kartu kredit Bank Mega yang ingin menutupnya karena suatu alasan tertentu.

Pada dasarnya menggunakan kartu kredit memang memberikan beberapa kemudahan. Misalnya saja belanja berbagai keperluan semakin mudah, mendapatkan banyak promo menarik dan yang lainnya. Namun, terkadang beberapa pengguna keberatan untuk membayarkan tagihan kartu kredit tersebut.

Mengapa Pengguna Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega?

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa beberapa pengguna kartu kredit Bank Mega ini memilih untuk menonaktifkannya.

1. Merasa Tidak Bisa Membayar Tagihan

Ketika menggunakan kartu kredit tentu saja akan memberikan kemudahan dalam belanja berbagai keperluan. Namun kamu harus ingat jika menggunakan kartu kredit juga harus membayarkan tagihan setiap bulannya.

Oleh karena itu, sebagian pengguna merasa terlalu berat membayarkan tagihan setiap bulan, terlebih jika jarang menggunakan kartu kredit tersebut untuk belanja.

2. Pemilik Kartu Kredit Meninggal

Hal satu ini sering kali menjadi alasan mengapa menonaktifkan kartu kredit tersebut. Tentunya ahli waris pemilik kartu kredit tersebut tidak ingin membayarkan tagihan setiap bulannya, terlebih jika tidak ingin menggunakannya.

3. Merasa Kecewa

Banyak juga pengguna kartu kredit yang awalnya tertarik untuk menggunakannya karena berbagai promo dan penawaran menarik. Namun, di tengah perjalanan merasa kecewa karena ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

Syarat Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega

Sebelum membahas tentang cara menutup kartu kredit Bank Mega tentunya kamu harus tahu apa saja syaratnya sehingga nantinya bisa lancar dan prosesnya lebih cepat. Inilah, beberapa syaratnya:

1. Mengalihkan atau Menutup Pembayaran Rutin

Jika kamu menggunakan kartu kredit Bank Mega untuk melakukan pembayaran secara rutin, sebaiknya harus menutupnya terlebih dulu. Selain itu bisa juga mengalihkannya ke kartu debet kamu.

2. Pastikan Tidak Mempunyai Tunggakan Pembayaran

Kamu juga harus memastikan untuk tidak mempunyai tunggakan pembayaran. Jika memang masih memiliki kewajiban pembayaran, sebaiknya selesaikan dulu dan lunasi semua tagihan karena jika tidak dilunasi tentunya Bank Mega tidak bisa menonaktifkan kartu kredit kamu.

3. Melengkapi Dokumen

Biasanya ketika ingin menutup kartu kredit kamu perlu melengkapi beberapa dokumen seperti KTP, kartu kredit dan dokumen lain yang dibutuhkan. Kamu bisa mempersiapkannya dan memastikan jika dokumen sudah lengkap.

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega

Setelah kamu tahu syarat untuk menonaktifkan kartu kredit, tentunya kamu bisa mempelajari prosedur secara resmi. Berikut cara menonaktifkan kartu kredit Bank Mega dengan mudah:

1. Mempertimbangkan Alasan Menonaktifkan Kartu Kredit

Sebelum kamu menonaktifkan kartu kredit, sebaiknya pikirkan baik-baik alasannya. Apakah kamu yakin akan menonaktifkanya? Kamu perlu ingat jika kartu kredit dapat menjadi alat pembayaran yang berguna untuk mengelola keuangan jika kamu gunakan secara bijak.

Bahkan ada banyak penawaran menarik dari pihak bank. Untuk bunganya juga cukup kecil yaitu sekitar 0,97% sampai 1,03% setiap bulannya.

2. Menghubungi Customer Service Bank Mega

Kemudian kamu dapat menghubungi customer service Bank Mega pada nomor 08041500010. Kamu bisa memberitahukan jika ingin menonaktifkan kartu kredit. Setelah itu ikuti panduan yang diberikan pihak bank.

3. Melunasi Semua Tagihan

Kamu harus memastikan jika sudah melunasi semua tagihan serta tidak mempunyai saldo yang belum dibayarkan. Jika memang masih ada, kamu harus melunasinya terlebih dulu.

4. Mengisi Formulir Penutupan

Sebenarnya hal ini jika diperlukan, karena ada beberapa kasus yang mungkin saja membutuhkan kamu untuk mengisi formulir penonaktifan kartu kredit. Kamu bisa mengikuti panduan customer service serta memastikan semua informasi tersebut akurat.

5. Mengkonfirmasi Penutupan

Setelah semua prosedur sudah selesai, kamu bisa mengkonfirmasi dengan customer service jika kartu kredit sudah dinonaktifkan. Kamu bisa menyimpan semua dokumentasi yang berkaitan dengan hal tersebut sebagai bukti.

6. Menghancurkan Kartu Kredit

Setelah menonaktifkan kartu kredit, kamu perlu menghancurkannya dengan cara memotongnya. Tujuannya tentu saja untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu kredit.

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega via Email

Selain secara langsung ataupun via telepon, kamu juga bisa menutup kartu kredit menggunakan email. Berikut caranya:

  • Memastikan semua persyaratan sudah terpenuhi.
  • Buka aplikasi Gmail untuk mengirimkan email pada corsec@bankmega.com.
  • Mengisi format dengan data diri kemudian melampirkan foto KTP dan juga kartu kredit Bank Mega.
  • Pada bagian subject tulis “Permohonan Penutupan Kartu Kredit”.
  • Memastikan kembali jika data sudah benar, misalnya tanggal melunasi tagihan serta jumlahnya.
  • Jika sudah benar, kamu bisa mengirimkan pesan email tersebut.

Lama Proses Menonaktifkan Kartu Kredit Bank Mega

Cukup banyak juga yang bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses penutupan kartu kredit Bank Mega tersebut. Sebenarnya standar yaitu maksimal 3 hari kerja. Penutupan kartu kredit tersebut juga secara otomatis akan menutup kartu tambahan jika ada.

Menutup kartu kredit memang menjadi proses yang serius serta perlu untuk dilakukan secara hati-hati. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti setiap panduan dari cara menonaktifkan kartu kredit Bank Mega secara baik agar prosesnya lancar dan bisa segera mendapat persetujuan.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Bank mega

Berapa biaya menonaktifkan kartu kredit Bank Mega?

Saat ingin menonaktifkan kartu kredit akan dikenakan biaya Rp 10.000,- untuk cetak billing dan Rp 6.000,- untuk materai. Jadi, totalnya Rp 16.000,-.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: