Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Cara mengembangkan usaha kuliner sedikit berbeda dengan jenis usaha lainnya. Karena market usaha kuliner ini tidak seluas produk lainnya, kecuali untuk kategori produk tertentu.

Ada strategi khusus yang harus kita gunakan ketika mengembangkan usaha kuliner agar berkembang dengan baik.

Strategi bakar duit sedikit sulit dilakukan di usaha ini. Walau demikian, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk kembangkan usaha ini dengan baik.

Di sini akan dijelaskan beberapa cara dan strategi mengembangkan usaha kuliner dengan baik.

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Agar Sukses?

Dalam berbisnis, tentu saja perlu strategi untuk memikirkan beberapa cara agar usaha yang kita jalani dapat terus berkembang pesat dan berjalan lancar.

Maka dari itu simak beberapa cara mengembangkan usaha kuliner agar sukses, dimasa yang serba instan kini.

1. Memahami Tren Pasar

Dalam mengembangkan bisnis atau usaha terutama dibidang kuliner, kita perlu mengetahui tren-tren apa saja yang sedang marak digemari oleh masyarakat atau konsumen dengan cara survey pasar, agar dapat mengetahui jenis-jenis yang dapat menaikan penjualan.

Karena dengan memahami tren dipasar, maka kita dapat mengantisipasi dana yang keluar untuk membuat produk yang kurang diminati oleh konsumen. Dengan begitu memaksimalkan produksi dan juga penjualan dapat berjalan secara efisien dan efektif.

2. Meningkatkan Kualitas dari SDM

Dalam berbisnis kuliner tidak selalu mengedepankan untuk meningkatkan kualitas produk, namun meningkatkan kualitas dari SDM pun perlu diperhatikan baik-baik agar menjauhi dari kesalahan pada saat menghadapi setiap konsumen yang datang.

Maka dari itu kualitas karyawan ataupun pramusaji harus diperhatikan, mengutamakan keramah tamahan, kesopanan dan senyuman kepada konsumen, sehingga konsumen mendapatkan kesan yang baik dari service karyawan kita.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam berbisnis dibidang kuliner, salah satunya berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas produk yang kita sediakan untuk konsumen. Dengan begitu produk yang kita jual dapat memuaskan pelanggan.

Untuk meningkatkan kualitas produk dapat kita lakukan dengan cara memilih bahan dasar yang baik dan juga konsisten dalam menggunakan metode produksinya. Agar kualitas produk yang dihasilkan pun tidak berubah-ubah atau konsisten.

4. Konsep atau Desain Tempat Usaha

Seiring berkembangnya zaman, ketika kita pergi ke restoran ataupun tempat makan saat ini bukan hanya sekedar untuk makan dan beranjak pergi.

Namun saat ini banyak restoran dikonsep sedemikian rupa senyaman mungkin, agar konsumen tidak bosan.

Maka dari itu kita pun harus memikirkan konsep yang bagus dan tidak membosankan.

Selain itu, kita pun dapat menambahkan fasilitas Wifi yang dapat diakses gratis oleh semua konsumen agar menarik minat konsumen untuk datang ke restoran kita.

Ini merupakan salah satu cara mengembangkan usaha kuliner paling mudah banget dilakukan. Selain itu juga terbukti sangat bagus digunakan untuk menarik konsumen.

5. Menggunakan Teknik Promosi

Banyak cara untuk melakukan kegiatan promosi untuk usaha kuliner kita dapat memberikan nama yang unik untuk konten promosi dimana ini bertujuan untuk mengenalkan produk kita ke masyarakat luas agar dapat lebih dikenal, bahkan dapat dikenal keluar daerah.

Promosi dapat dilakukan dengan cara online maupun offline, yang dimana apabila offline kita dapat melakukannya ditempat usaha secara langsung. Sedangkan apabila secara online kita dapat mempromosikan nya di berbagai Platform digital atau media sosial.

6. Memberikan Diskon

Cara mengembangkan usaha kuliner itu emang ada banyak strategi yang bisa kita gunakan untuk menarik perhatian para konsumen agar tertarik.

Salah satunya dengan memberikan diskon yang sangat menarik dan membuat rasa penasaran pelanggan ataupun konsumen.

Memberikan diskon dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memberikan diskon pada produk tertentu.

Advertisement

Memberikan secara gratis suatu produk apabila membeli dengan jumlah minimal yang sudah ditentukan, maupun cara beli 1 gratis 1 yang banyak digunakan.

7. Menyediakan Banyak Menu

Banyaknya menu yang disediakan akan semakin banyak pula konsumen yang penasaran dengan menu-menu tersebut.

Tetapi pastikan juga membuat nama menu yang unik agar konsumen tambah penasaran dengan menu tersebut.

Dengan begitu konsumen tidak merasa bosan dengan menu-menu yang ada sebelum-sebelumnya.

Dari sini juga dapat menarik minat konsumen yang jauh untuk mencicipi atau mencoba menu baru yang telah disediakan, selalu inovatif untuk menjalankan usaha kuliner.

10. Meningkatkan Kegiatan di Sosial Media

Kegiatan dalam sosial media pun merupakan salah satu faktor untuk bisa meluaskan pasar penjualan.

Sehingga masyarakat luas lebih mengenal produk ataupun menu-menu yang kita sediakan. Banyak berbagai Platform untuk mendukung kegiatan bisnis online.

Apabila kegiatan dimedia sosial dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Contohnya, dengan membuat konten promosi di Instagram maka secara tidak langsung masyarakat luas pun akan mengenal produk yang kita sediakan dan dapat meningkatkan penjualan.

11. Mendaftarkan Resto di Aplikasi Pesan Antar Online

Banyaknya jasa Platform Online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood dan lain-lainnya, dapat membuat usaha kita lebih dikenal, hanya dengan mendaftarkan resto ke dalam aplikasi yang tersedia, dengan begitu konsumen dapat memesan secara online.

Karena usaha dibidang online merupakan jenis usaha yang sangat potensial dan juga dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Dan hal yang terpenting yaitu dengan pantang menyerah, sabar serta kesungguhan dalam menjalani atau menekuni usaha kuliner ini.

12. Membuat Standar Operasional Prosedur

Sebelum usaha yang berjalan alangkah baiknya memikirkan dan membuat standar operasional prosedur yang sesuai dengan usaha yang akan dijalani, karena standar operasional prosedur penting akan berjalannya kegiatan operasional usaha sehari-hari.

SOP yang baik akan terlihat baik apabila usaha yang dijalani sudah mulai berjalan dan keselarasan dalam berjalannya kegiatan operasional setiap divisi. contohnya, bagian produksi memproduksi sesuai dengan jumlah target penjualan agar tidak kelebihan porsi.

13. Update Evaluasi setiap Menu

Memiliki usaha dibidang kuliner tentunya tidak akan terpisah dari ulasan konsumen yang telah membeli produk atau menu, bisa saja mendapatkan respon yang baik ataupun buruk.

Maka dari itu mengevalusi setiap respon dari konsumen harus selalu ditanggapi dan diperbaiki apa penyebab dari kesalahan yang timbul, agar kedepannya tidak terjadi atau mendapatkan respon yang buruk dari konsumen lagi.

14. Mendirikan Resto Cabang

Ketika usaha mulai berjalan dengan konsisten serta telah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, maka lebih baiknya agar kita mengusahakan untuk mendirikan resto atau toko cabang, agar seluruh masyarakat dapat mengenal dan mencoba produk kita.

Dengan adanya resto atau toko cabang, dapat kembali meluaskan pemasaran dari kota ke kota. Cabang yang dibuka haruslah mencirikan usaha kita serta menetapkan cita rasa yang tidak berubah, agar terhindar dari konsumen yang kecewa.

15. Metode Franchise

Saat usaha atau bisnis kita sudah maju pesat, berjalan lancar dan konsisten. Selain membuka cabang, kita bisa saja melakukan cara lain untuk mengembangkan usaha kita yaitu dengan cara Franchise, metode ini cukup banyak digunakan oleh pelaku usaha.

Tujuan franchise yaitu agar usaha yang kita miliki dapat berkembang diberbagai daerah yang jauh dari pusat kita usaha, metode franchise ini kita menjual merek atau brand kita ke orang lain. Dengan begitu brand atau merek kita dapat lebih dikenal oleh khalayak luas.

Advertisement