Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Cara mengembangkan usaha dagang Kecil hingga menjadi besar tentu tidak mudah, pasti banyak banget tantangan nya. Selain butuh kerja keras kamu juga butuh modal yang tidak sedikit.

Namun jika kamu merupakan orang yang hanya punya modal dagang kecil tapi ingin kembangin usahanya dengan baik, kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Di sini akan saya jelaskan bagaimana cara mengembangkan usaha dagang Kecil hingga menjadi besar tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Tahap Awal

Saya sering banget baca berita soal bisnis start up. Banyak dari mereka yang jor-joran ngeluarin duit demi mengembangkan usahanya. Namun hasilnya nihil.

Bahkan baru-baru ini, ada banyak banget start up yang PHK karyawan nya karena inflasi yang tinggi. Bagaimana bagi kita yang punya usaha kecil?

Apakah harus seperti mereka agar bisa sukses di pasar? Saya tidak menafikan fakta itu. Namun sebelum gunakan modal, kita bisa kok kembangkan usaha kita dengan cara sederhana seperti berikut ini:

1. Memilih Bidang Usaha

Ini merupakan langkah awal bagi kita, menentukan bidang atau jenis usaha yang pas dan cocok bagi kita.

Cobalah memilih usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang disukai.

Dengan memilih bidang usaha yang sesuai hobi, kamu pun tidak akan terbebani.

Dikarenakan beberapa usaha yang berjalan pun banyaknya yang berfokus pada hobi si pelaku usaha tersebut.

Seperti contohnya hobi saya memotret dan membuat videografi, saya bisa memulai usaha dengan menyediakan jasa pemotretan dan membuat sinematografi.

2. Survey Pasar

Survey pasar ini membantu kita untuk mendapatkan peluang pada usaha yang akan dijalani, dengan begitu kita dapat mengetahui apa sebenarnya yang dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat.

Sehingga bisnis atau usaha yang kita dirikan akan dicari oleh masyarakat.

Karena survey pasar ini kita menjadi tahu juga pasti ada pesaing kita atau tepatnya pelaku usaha yang sama seperti kita.

Namun pesaing bukanlah hal yang harus ditakuti, justru dengan adanya pesaing kita dapat melakukan analisa dan mempelajari kelebihan usaha mereka.

3. Memanfaatkan Barang yang Dimiliki

Saat akan memulai atau merintis usaha, ada baiknya jika kita semaksimal mungkin memanfaatkan barang dan peralatan yang kita miliki.

Tujuannya untuk dapat mendukung kerjaan atau proses pada saat usaha mulai berjalan. Karena dapat meminimalisir modal yang digunakan.

Apabila ketika usaha kita sudah besar juga berkembang, dan barang peralatan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Maka kita dapat membelinya yang baru dan lebih canggih agar dapat mendukung kegiatan operasional dan tetap berjalan dengan efektif.

4. Menyesuaikan Modal yang Akan Digunakan

Modal disini merupakan modal awal untuk menunjang kegiatan produksi seperti membeli bahan dasar atau baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis lainnya.

Contohnya: membeli oven serta stok bahan dasar terigu untuk menunjang bisnis atau usaha roti.

Adapun modal yang mencakup pengeluaran operasional dalam menjalani usaha atau bisnis yang sedang kita tekuni.

Contohnya: Biaya listri, biaya air, sewa gedung, dan lain-lainnya. ketika modal kecil digunakan dengan baik maka akan efektif dan efisien.

5. Mencari Lokasi Strategis

Dalam menjalani bisnis, terlebih bisnis yang masih relatif kecil maka kita semaksimal mungkin untuk mendapatkan tempat usaha.

Karena memiliki tempat yang berlokasi strategis merupakan nilai tambah untuk usaha kita, dimana orang-orang dapat dengan mudah tahu.

Namun lebih baiknya juga bagi kita yang melakukan usaha baru merintis yang masih kecil.

Untuk menggunakan ruangan yang sekiranya dapat kita manfaatkan untuk operasional usaha kita. Seperti garasi dan teras rumah yang dapat kita gunakan awalan.

6. Promosi Secara Langsung

Promosi merupakan salah satu metode untuk memasarkan sebuah produk, barang ataupun jasa. Dengan cara ini kita dapat memperkenalkan produk yang kita miliki, kepada masyarakat. Sehingga penjualan dapat meningkat akan promosi secara langsung.

Untuk memasarkan produk yang akan kita jual dapat dilakukan secara langsung atau dengan cara menawarkan secara langsung ditempat usaha.

Membuat konsumen menjadi tertarik dengan produk yang kita tawarkan merupakan kunci dari promosi secara langsung.

7. Promosi Media Sosial

Dizaman yang serba canggih ini, kita dapat dengan mudah mengakses media sosial.

Disini kita dapat memanfaatkan sosial media untuk usaha kecil kita, yaitu dengan melakukan promosi secara gratis serta dapat jangkauan yang lebih luas.

Dengan begitu kita bisa memposting dengan menggunakan gambar menarik dan unik serta memberikan promo-promo setiap harinya.

Pemasaran melalui media sosial secara tidak langsung sangat membantu kita mengembangkan usaha dengan modal kecil.

8. Relasi Orang-Orang Terdekat

Salah satu kesuksesan dalam menjalani usaha atau bisnis yaitu memiliki relasi yang kuat dan luas.

Namun kita selaku pebisnis kecil pun dapat melakukan atau menjalin relasi yang kuat dan baik, hanya saja di level ini kita menjalin dengan orang-orang terdekat kita.

Apabila kita mampu membangun relasi yang kuat serta baik, meskipun diranah yang dinilai masih rendah.

Namun kita bisa mendapat perhatian dari orang-orang terdekat sekitar kita akan produk yang kita jual atau sediakan.

9. Pintar dalam Membagi Waktu

Untuk mengembangkan usaha kita dituntut untuk dapat memanfaatkan dan menggunakan waktu secara tepat, efektif dan efisien agar menguntungkan kita dalam menekuni usaha yang sedang dijalani.

Dengan begitu kita dapat membuat garis waktu untuk 1 bulan kedepan, mengenai apasaja yang harus ditingkatkan dan dilakukan. Agar tidak ada waktu yang terbuang secara percuma.

10. Inovasi Produk

Membuat inovasi dalam produk yang kita jual sangatlah penting untuk kelangsungan usaha.

Hal ini dikarenakan banyak atau sebagian besar dari konsumen yang mudah merasa bosan dengan produk yang kita sediakan, karena mereka menginginkan produk inovasi baru.

Advertisement

Maka dari itu kita selaku pemilik usaha harus banyak memikirkan dan membuat inovasi-inovasi baru untuk produk kita agar konsumen tidak merasa bosan.

Hal ini tentunya akan membuat konsumen menjadi penasaran dan usaha kita dapat bertahan dan berkembang.

11. Bahan Baku Berkualitas

Mencari supplier bahan baku yang dapat memberikan kualitas yang baik namun harganya murah adalah salah satu hal yang sulit.

Namun disini kita dituntut untuk meluaskan pengetahuan untuk mencari supplier serta jangan malu banyak bertanya-tanya pada relasi kita.

12. Menjadi Yang Terbaik

Didunia bisnis ataupun usaha haruslah konsisten dalam menekuni usaha tersebut.

Karena apa yang kita produksi apa yang kita jual harus memberikan dan menghasilkan yang terbaik.

Dengan mempelajari ataupun memodifikasi produk dari kompetitor kita.

Dengan membeli produk kompetitor kita, kemudian mempelajarinya dan juga jangan bosan dengan adanya masukan kritikan atau saran agar usaha kita kedepannya menjadi lebih baik.

13. Perlu Merekrut Karyawan ?

Untuk kita selaku pelaku usaha kecil yang baru merintis. Lebih baik tidak merekrut karyawan di awal dikarenakan pada saat awal memulai bisnis dapat menggunakan tenaga kita sendiri dan menekan biaya operasional.

14. Rutin Mereview Perkembangan Bisnis

Mereview perkembangan atau berjalannya bisnis dapat memudahkan kita merencanakan ide-ide dan mengevaluasi segala langkah selama kita berbisnis.

Dengan begitu kita dapat menilai dan melihat apa saja yang harus diperbaiki dan dikembangkan.

15. Memperbaiki Strategi Pemasaran

Banyak usaha kecil yang sulit untuk maju dikarenakan penghasilannya stagnan yaitu tidak bertambah dan tidak berkurang.

Maka dari itu kita perlu meningkatkan omset penjualan agar keuntungan bertambah dan usaha kecil kita dapat berkembang.

Dengan memperbaiki strategi pemasaran kita dapat menambah keuntungan agar usaha kita dapat meningkatkan omset, perhatikan kembali tren pasar untuk dijadikan referensi produk baru.

16. Perencanaan Keuangan

Saat usaha yang kita rintis mulai berjalan dan menghasilkan keuntungan. Dari sini kita harus mulai pintar-pintar untuk mengelola atau mengatur keluar masuknya uang dengan benar.

Maka kita akan merasakan hasil dari kita mengelola keuangan dengan baik.

Dengan begitu kita haruskan memisahkan uang hasil usaha dengan uang milik kita sendiri.

Setelah memahami langkah dalam memulai dan menjalankan usaha dengan modal kecil, selanjutnya yang dilakukan adalah mengelola keuangan bisnis.

Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Hingga Besar Tahap Lanjutan

Usaha yang dikembangkan dengan cara di atas mungkin akan sukses dengan catatan kamu konsisten melakukannya. Selain itu, juga harus ikuti dengan baik aturannya.

Namun, itu semua hanya pengembangan tahap awal saja. Jika kamu ingin usaha dagangan kecil kamu berkembang lebih lanjut, gunakan strategi dagang seperti pebisnis lain.

Beberapa cara yang bisa kamu coba, di antaranya yaitu:

1. Bangun Brand Usaha Kamu di Internet

Tidak bisa kita hindari bahwa internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam bisnis. Google dan mesin pencari lain mengubah gaya bisnis era modern jadi lebih tinggi persaingannya.

Market yang tidak bisa kamu jangkau di dunia nyata, dengan internet kamu bisa menjangkau nya. Kamu bisa tawarkan produk dagangan kamu ke banyak negara di seluruh dunia.

Cara bangun brand usaha dagang di internet bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Buat halaman bisnis di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok ataupun media sosial lain
  • Buat halaman web bisnis kamu di internet
  • Hubungkan web bisnis ke marketplace yang relevan dengan produk yang kamu jual
  • Tingkatkan engagement media sosial dan web bisnis kamu

2. Iklankan Produk Dagangan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjangkau pasar luar negeri adalah dengan memasang iklan. Cara ini juga sangat bagus digunakan untuk membangun brand bisnis kamu.

  • Iklankan di media sosial
  • Pasang iklan di Google atau search engine lain
  • Pasang iklan di blog

Iklankan bisnis ini butuh modal yang tidak sedikit. Kadang sudah kita iklankan tapi tidak ada penjualan. Itu sudah biasa, maka kamu perlu analisa iklan kamu.

Jangan sembarangan pasang iklan, sebaiknya pelajari dulu karakter konsumen kamu sebelum beriklan.

3. Perbaiki Tempat Usaha

Jika kamu punya tempat usaha, coba deh kamu perbaiki tempatnya senyaman mungkin. Tempatkan kamu sebagai konsumen, kira-kira apa yang diharapkan dari usaha kamu.

  • Perbaiki tampilan nya
  • Perbaiki tata letaknya
  • Lengkapi semua produk yang kamu sediakan, jangan sampai ada stok kosong

4. Perbaiki Manajemen Keuangan

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang keuangannya dikelola dengan baik. Semakin baik pengelolaan keuangannya, akan semakin baik bisnis yang kamu jalankan.

Agar usaha kamu semakin baik dan berkembang pesat. Maka kelola keuangan dengan baik.

5. Gaet Investor Lokal atau Asing

Pada tahapan berikutnya, kamu ajak investor asing untuk investasi pada usaha kamu. Ini sudah merupakan tahapan paling tinggi untuk level dagang kecil.

Di level ini, usaha kamu sudah bukan lagi tipe usaha kecil. Tapi sudah sekelas company. Di tahapan ini, usaha kamu harus sudah punya banyak karyawan tentunya.

Penutup Kata

Cara mengembangkan usaha dagang Kecil ini saya bagi jadi 2 level. Tujuannya, agar kamu bisa melihat, di mana level bisnis kamu sekarang dan strategi apa yang bagus kamu gunakan.

Tahap 1, saya tujukan bagi kamu yang masih berada di pasar kaki lima ataupun di Gang komplek. Kamu lakukan 17 langkah di atas untuk kembangkan usahanya.

Setelah itu, kembangkan lagi pada level kedua untuk meningkatkan usaha kamu lebih tinggi lagi.

Advertisement