Cara Membekukan Akun DANA Penipu dengan Mudah

Cara membekukan akun DANA penipu seperti apa? Banyak pertanyaan tentang hal ini karena modus penipuan semacam ini sering kali terjadi, sehingga sebagai pengguna DANA kamu juga harus waspada. Terlebih lagi penipuan semakin mudah karena teknologi yang semakin berkembang.

Tindak penipuan juga sering kali terjadi melalui berbagai sarana elektronik, salah satunya adalah menyasar dompet digital. Terlebih lagi dompet digital sudah menjadi pengganti uang cash karena lebih praktis, sehingga saldo dalam DANA tersebut biasanya cukup besar nominalnya.

Bentuk Penipuan DANA yang Sering Kali Terjadi

Bentuk penipuan saat ini juga sudah semakin banyak sehingga masyarakat harap selalu waspada dengan adanya tindak penipuan tersebut. Lalu, apa saja bentuk penipuan yang sering kali terjadi di kalangan masyakarat sekarang ini?

1. Modus Kartu Fisik DANA Palsu

Sekarang ini ada banyak sekali promosi berlangganan pada media sosial ataupun berita palsu yang memberikan informasi jika DANA mengeluarkan kartu ATM dalam bentuk fisik. Tapi ternyata DANA memberikan klarifikasi dan mengingatkan jika pihaknya tidak pernah mengeluarkan kartu fisik.

DANA sendiri merupakan sebuah aplikasi dompet digital yang bekerjasama dengan berbagai jenis bank yang ada di Indonesia.

Ada juga satu modus yang cukup baru, yaitu link DANA Kaget palsu. Kamu harus berhati-hati karena saat ini DANA memang memberikan link DANA Kaget. Kamu harus memastikan menerima link DANA Kaget yang asli dari DANA. Untuk contoh aslinya adalah https://link.dana.id/kaget?…

Salah satu bentuk penipuan yang sering kali ada pada kalangan masyarakat saat ini adalah penipuan Whatsapp. Untuk modus penipuan satu ini memang sering kali pelaku lakukan dengan cara membagikan hadiah, link melalui pesan Whatsapp ataupun meminta kode OTP dengan bentuk salah kirim pesan.     

3. Penipuan Whatsapp

Biasanya setelah korban tertipu dan mengirimkan kode OTP ke pelaku semua yang terkoneksi akan terpegang oleh pelaku. Misalnya saja email, Whatsapp, akun dompet digital seperti DANA dan lainnya, bahkan bisa juga rekening bank milik korban. 

4. Penipuan Giveaway

Bentuk penipuan satu ini juga sering kali terjadi, bahkan banyak sekali korbannya. Tentu saja semua orang suka jika diberikan hadiah cuma-cuma. Biasanya hadiah yang ditawarkan sangat besar, bahkan mencapai puluhan juta. Nantinya korban akan mendapatkan perintah untuk transfer terlebih dulu. 

5. Penipuan Paket Luar Negeri

Ada juga penipuan yang berbentuk paket dari luar negeri. Biasanya pelaku akan meminta korbannya untuk membayarkan clearance atau bea cukai agar paket tersebut bisa segera dikirimkan ke Indonesia. Kamu patut curiga jika ada pesan mendapatkan paket dari luar negeri seperti ini.           

Cara Membekukan Akun DANA Penipu dan Melaporkannya

Cara membekukan akun DANA penipu pada dasarnya cukup mudah karena kamu bisa langsung menghubungi customer care dari aplikasi DANA tersebut. selain itu juga bisa mengirimkan email ke alamat help@DANA.id. Tapi, usahakan kamu melapor secepatnya agar nantinya uang bisa kembali.            

Ketika melaporkan penipuan yang terjadi pada DANA, biasanya akan terdapat beberapa informasi yang harus ada pada laporan tersebut. Berikut, adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin melaporkan dan membekukan akun DANA penipu:

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi pihak DANA kemudian menjelaskan secara rinci tetapi singkat mengenai kejadian penipuan yang kamu alami. Jadi, meskipun singkat, kamu harus tetap jelas dalam menjabarkan kejadian tersebut.
  • Kemudian kamu juga harus melampirkan bukti penipuan berupa screenshot ataupun fotonya. Bisa berupa bukti transfer ataupun mutasi rekening DANA kamu yang berisikan tanggal serta jam kejadian transaksi tersebut.
  • Jangan lupa untuk melampirkan foto ataupun screenshoot chat serta log panggilan telepon dengan penipu tersebut. Selain itu, jika ada bukti pendukung lainnya bisa kamu lampirkan agar memperkuat laporan penipuan.
  • Laporan nantinya bisa kamu lakukan kapanpun karena customer care DANA online 24 jam. Setelah kamu menghubungi customer care, laporan nantinya akan ditindaklanjuti dalam waktu 7×24 jam.
  • Langkah yang terakhir adalah tunggu balasan dari pihak DANA mengenai berkas yang sudah kamu lampirkan. Nantinya DANA akan memberikan informasi apakah data tersebut sudah cukup atau belum. Jika memang belum tentunya kamu bisa mengikuti instruksi lanjutan.
  • Langkah selesai, kamu tinggal menunggu DANA memproses laporan kemudian membekukan akun penipu tersebut.

Cara Menindaklanjuti Indikasi Penipu Akun DANA

Terkadang ada kasus yang mengatasnamakan DANA, sehingga sebagai pengguna aplikasi tersebut kamu harus berhati-hati terhadap berbagai hal agar tidak terkena penipuan tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menindaklanjuti indikasi penipuan DANA tersebut, berikut di antaranya:

  • Yang perlu kamu ketahui adalah customer service official DANA tidak pernah meminta kode OTP ataupun PIN kepada para pengguna jika memberikan informasi ataupun pemberitahuan.
  • Jika kamu mendapatkan indikasi penipuan yang mengatasnamakan DANA / EDIK, misalnya saja menjanjikan sejumlah hadiah dan meminta untuk memberikan kode verifikasi, PIN ataupun meminta melakukan transfer sejumlah uang terlebih dulu, langsung saja laporkan ke Assisten Digital DANA.
  • Jangan pernah memberikan kode verifikasi apapun ataupun PIN DANA kamu ke siapapun, termasuk kepada pihak DANA. Karena DANA juga tidak akan meminta penggunanya untuk memberikan PIN ataupun kode verifikasi secara pribadi.
  • Semua informasi mengenai kegiatan promosi dari DANA bisa kamu lihat melalui aplikasi DANA ataupun website resmi DANA.
  • Selalu memastikan kebenaran dari informasi yang kamu terima.

Demikian, beberapa cara membekukan akun DANA penipu yang bisa kamu lakukan dan cara untuk menindaklanjutinya. Jadi, intinya adalah tidak perlu khawatir karena dengan beberapa langkah tersebut kamu bisa mengatasinya dan pastikan untuk selalu hati-hati dengan berbagai modus penipuan.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Membekukan Akun DANA Penipu

Apakah jika sudah terlanjur terkena penipuan saldo DANA bisa kembali?

Tidak perlu khawatir karena saldo DANA bisa kembali asalkan semua persyaratan dan ketentuannya terpenuhi.

Bagaimana jika akun DANA milik sendiri teridentifikasi penipuan?

Hal ini tentu saja karena adanya beberapa penyebab seperti mungkin KTP pengguna digunakan oleh orang lain atau bisa juga karena adanya transaksi yang mencurigakan. Jadi, jika memang merasa tidak melakukannya segera hubungi customer service DANA dan sampaikan keluhannya.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: