Cara Membatalkan Pinjaman UangMe dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara membatalkan pinjaman UangMe sebenarnya cukup mudah. Cara tersebut dapat kamu lakukan jika memang dana yang sudah kamu ajukan belum ditransfer pihak UangMe. Biasanya hal ini terjadi karena beberapa calon nasabah sering kali berubah pikiran setelah mengajukan pinjaman pada UangMe.

Pada dasarnya terdapat beberapa alasan yang sering kali terjadi ketika seseorang memutuskan untuk membatalkan pengajuan pinjaman tersebut. Secara umum, pembatalan pinjaman karena nasabah sudah dapat pinjaman dana dari pihak yang lain atau tidak sanggup bayar cicilan berbunga tinggi.

Sekilas Tentang UangMe

UangMe ini sebenarnya merupakan sebuah platform pinjaman online yang ada di Indonesia yang mana menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan. Penawaran dari pinjaman online ini mulai Rp 400.000,- sampai Rp 4.000.000,- dengan jangka waktu 3 sampai 4 bulan.

Untuk bunga yang dibebankan pada pinjaman online UangMe ini adalah sekitar 0.06% serta biaya layanan sebesar 0.27 sampai 0.073%.

Platform pinjaman online satu ini juga menggunakan sistem dimana proses peminjaman uang bisa kamu lakukan hanya dengan registrasi, kemudian memilih tujuan peminjaman dan juga nominal pinjaman. Kamu juga harus mengisi beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Hanya dalam waktu 24 jam saja uang pinjaman kamu bisa cair. Untuk pembayaran cicilannya sendiri kamu bisa melalui ATM, m-Banking ataupun teller bank. Bahkan juga bisa menggunakan layanan dari minimarket.

Syarat Pembatalan Pinjaman UangMe

Sebelum kita membahas tentang beberapa cara pembatalannya, tentu saja kamu harus paham dulu apa saja syarat dan ketentuan dari pembatalan UangMe tersebut. Untuk beberapa syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Proses Pinjaman Belum Disetujui UangMe

Sebelum kamu melakukan pinjaman pada platform UangMe, tentunya kamu akan diminta mengisi data diri dengan lengkap. Membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 hari untuk sistem bisa memproses data yang kamu ajukan.

Pada waktu tersebut, pihak dari UangMe nantinya akan meninjau ulang data yang sudah kamu ajukan. Pastikan juga kamu memanfaatkan rentang waktu tersebut jika memang ingin membatalkannya.

Jika pada waktu tersebut pihak UangMe sudah menyetujui pengajuan pinjaman kamu, tentunya kamu harus tetap menerimanya. Selain itu, kamu juga harus membayarkan cicilan sesuai kesepakatan yang sudah deal sebelumnya.

2. Proses Pengajuan Belum Tercatat Sistem

Sistem dari UangMe membutuhkan waktu 5 sampai 30 menit untuk melakukan proses pengajuan pinjaman. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan waktu untuk pembatalan.

Pada beberapa kasus, ternyata sistem dari UangMe ini hanya butuh waktu 2 menit untuk memproses pengajuan pinjaman. Jika data sudah masuk pada sistem tentunya kamu tidak bisa membatalkannya lagi.

Cara Membatalkan Pinjaman UangMe

Untuk caranya sendiri sebenarnya mudah, tapi memang ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Terutama untuk beberapa syaratnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara membatalkan pinjaman UangMe yang bisa kamu coba:

1. Memenuhi Semua Persyaratan

Jika kamu ingin mengajukan pembatalan pinjaman UangMe tentunya kamu harus memenuhi semua persyaratan di atas. Terlebih lagi kamu harus mengajukan pembatalan jika pengajuan belum terproses. Jika sudah masuk proses atau bahkan dana sudah cair tentu saja tidak bisa dibatalkan.

2. Hubungi Call Center via Telepon

Setelah kamu memenuhi setiap persyaratannya, tentu saja kamu juga harus melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan menghubungi call center via telepon. Untuk langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Hubungi call center dari UangMe menggunakan nomor yang sudah tersedia pada situs resmi ataupun aplikasi.
  • Jika kamu sudah tersambung dengan call center UangMe, langsung saja sampaikan jika kamu ingin melakukan pembatalan pinjaman. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang nama dan data pengajuan pinjaman.
  • Setelah pihak UangMe memberikan konfirmasi tentang data diri kamu, tentunya kamu hanya perlu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pihak UangMe untuk bentuk verifikasi. Setelah data tersebut terverifikasi, pihak UangMe akan memproses pengajuan pembatalan pinjaman kamu.
  • Proses dari pembatalan pinjaman tersebut membutuhkan waktu beberapa hari. Jika proses tersebut memang belum berhasil sampai waktu yang sudah ditentukan, kamu bisa mencoba untuk menghubungi call center lagi sampai prosesnya berhasil.
  • Untuk bisa memperoleh respon cepat dari pihak UangMe, ada baiknya jika kamu menghubungi call center pada jam kerja, yaitu 8 pagi sampai 3 sore.

3. Hubungi Call Center via Email

Selain menggunakan telepon, kamu juga bisa menghubungi call center UangMe via email. Cara satu ini bisa menjadi alternatif jika call center via telepon sedang ada gangguan ataupun sibuk. Untuk caranya adalah berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah punya email yang aktif.
  • Kirimkan pesan pengajuan pembatalan ke email resmi dari UangMe. Untuk alamat emailnya sendiri bisa kamu cek pada situs resminya ataupun aplikasi pinjaman. Ada baiknya jika kamu mengirimkan email pada saat jam kerja.
  • Cek status pengajuan kamu secara berkala via aplikasi UangMe. Hal tersebut untuk memastikan jika keterangan pinjaman sudah berubah menjadi “Berhasil Dibatalkan”.
  • Kamu harus memantau statusnya sampai waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah lewat tenggat waktu, kamu bisa menghubungi call center UangMe kembali sampai pengajuan pembatalannya berhasil.

4. Hubungi Call Center via Sosial Media

Kamu juga bisa mencoba untuk menghubungi sosial media UangMe karena terbilang sosmed ini bisa menjadi media pengaduan yang praktis. Terlebih lagi admin dari UangMe cukup aktif. Untuk langkah-langkahnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan untuk membuka akun sosial media UangMe yang resmi.
  • Kamu bisa memilih salah satu sosial media UangMe tersebut untuk kamu hubungi. Pilih sosial media yang paling aktif.
  • Selanjutnya sampaikan jika kamu ingin mengajukan pembatalan pinjaman melalui pesan pada akun sosial media tersebut. kamu dapat menggunakan isi pesan ketika memilih untuk menggunakan cara via sosmed tersebut.
  • Nantinya admin sosial media UangMe akan segera membalas pengajuan yang sudah kamu berikan. Yang terpenting adalah cukup kamu mengikuti instruksi dari admin sosmed UangMe tersebut.

5. Datang ke Kantor UangMe Langsung

Selain itu, agar lebih cepat dan tepat tentunya kamu bisa mendatangi kantor UangMe secara langsung. Tapi cara ini bisa kamu lakukan jika kantor UangMe dekat dengan lokasi kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kamu bisa mencari lokasi dari kantor UangMe yang terdekat. Untuk cabangnya sendiri ada pada beberapa kota.
  • Setelah kamu ada di lokasinya, bisa langsung ke bagian customer servicenya dan sampaikan tujuan kamu datang ingin mengajukan pembatalan pinjaman.
  • Kamu nantinya akan mendapatkan instruksi untuk mengisi formulir pengajuan pembatalan. Sehingga kamu bisa mengisi sesuai dengan data dan juga alasannya.
  • Langkah selanjutnya adalah kamu juga perlu melampirkan beberapa syarat dari pihak UangMe.
  • Jika semuanya sudah siap, langsung saja berikan ke bagian customer service dan nantinya pihaknya akan mengarahkan kamu untuk menjalakan proses selanjutnya. Ikuti saja instruksinya sampai selesai.

Jadi, sebenarnya cara membatalkan pinjaman UangMe sangat mudah karena ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Sehingga tak perlu bingung-bingung lagi.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Membatalkan Pinjaman UangMe

Berapa Biaya Pengajuan Pembatalan Pinjaman UangMe

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengajuan pembatalan, yang terpenting adalah sudah memenuhi syarat dan ketentuannya.

Bagaimana jika tidak bisa mengajukan pembatalan meskipun belum diproses?

Tak perlu khawatir, kamu bisa mengadukannya ke OJK.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: