Cara Kredit HP di Shopee, Syarat dan Denda Keterlambatan

Cara Kredit HP di Shopee, Syarat dan Denda Keterlambatan

Bagaimana cara kredit HP di Shopee? Apakah bisa? Hal tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang karena dengan kredit semuanya menjadi lebih mudah. Terlebih saat ini syarat dan cara pembayarannya sudah lebih mudah dan praktis.

Shopee sendiri adalah sebuah e-commerce yang mempunyai banyak peminat dan pengguna. Bahkan terdapat banyak fitur yang bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya kredit HP itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya?

Syarat Kredit HP di Shopee

Untuk kamu yang ingin mengajukan kredit suatu barang di Shopee, HP misalnya tentu saja kamu perlu tahu beberapa syaratnya terlebih dulu sehingga pengajuan kamu bisa diterima. Apa saja persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk pengajuan kredit HP? Inilah penjelasan lengkapnya:

1. Punya Akun Shopee yang Terdaftar dan Verifikasi

Untuk syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk mengajukan kredit HP menggunakan Shopeepay later tentu saja harus mempunyai akun Shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi dengan KTP. Jadi, nantinya kamu bisa langsung mengajukan kredit HP tersebut.

2. Akun Mempunyai Riwayat Transaksi Aktif Dalam 3 Bulan Terakhir

Kemudian kamu harus memastikan jika akun yang kamu gunakan tersebut sudah aktif sekitar tiga bulan. Sehingga kamu akan dapat mengajukan kredit HP jika sudah mempunyai riwayat di akun Shopee tersebut selama waktu itu.

3. Punya KTP

Syarat satu ini sangat penting, karena KTP sangat berguna untuk mengajukan kredit HP. Kamu juga harus memastikan jika KTP tersebut adalah KTP elektronik asli serta data yang tertera sesuai.

4. Mengaktifkan Spaylater

Selain itu, kamu juga harus mengaktifkan Spaylater untuk mengajukan kredit HP di Shopee tersebut. Karena pembayarannya melalui Spaylater dengan cara mencicilnya.

Setelah kamu memenuhi beberapa persyaratan tersebut, tentu saja nantinya bisa segera mengajukan kredit HP dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Spaylater/Shopeepay Later

Untuk kamu yang sudah mengaktifkan Spaylater tentu saja bisa segera mengajukan kredit HP. Namun, jika kamu belum mengaktifkan Spaylater bisa melakukan beberapa langkah berikut:   

  • Buka halaman utama Shopee kamu
  • Pilih menu saya
  • Pilih Spaylater dan klik aktifkan sekarang
  • Nantinya kamu akan mendapatkan kode verifikasi atau OTP yang sudah dikirimkan ke nomor terdaftar Shopee kamu
  • Klik lanjut
  • Unggah foto KTP sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan oleh pihak Shopee
  • Masukkan informasi tambahan kemudian pilih konfirmasi
  • Lakukan verifikasi wajah, caranya dengan mengarahkan wajah ke dalam bingkai, selain itu pastikan kondisi ruangan terang

Untuk melakukan aktivasi Spaylater ini pastikan untuk memverifikasi KTP dan berikan beberapa informasi pribadi termasuk kontak darurat. Hal ini untuk bisa mempermudah proses pengajuan kredit HP kamu.

Langkah dan Cara Kredit HP di Shopee

Setelah kamu sudah mengaktifkan Spaylater, tentunya akan kita bahas bagaimana cara kredit HP di Shopee agar kamu tidak bingung untuk pengajuan kreditnya tersebut. Berikut, langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi Shopee kamu
  • Pilih HP yang ingin kamu beli
  • Setelah mendapatkannya kamu tinggal klik checkout
  • Pastikan alamat serta identitas penerimanya sudah tepat
  • Pada bagian metode pembayaran, pilih Spaylater dan klik konfirmasi
  • Kamu bisa melakukan instruksi dari pihak Shopee dengan menyelesaikan proses pembayaran sesuai pilihan cicilan yang kamu pilih dan pastikan bayar sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Cara Membayar Angsuran HP di Shopee

Setelah berhasil melakukan proses kredit HP, tentu saja kamu mempunyai kewajiban untuk membayarkan cicilan setiap bulannya. Lalu bagaimana caranya?

  • Buka aplikasi Shopee kamu
  • Pada bagian beranda utama, kamu bisa buka menu Saya, caranya tinggal klik menu pada bagian bawah
  • Buka Shopee Paylater pada bagian Dompet Saya
  • Tagihan nantinya akan terlihat dan kamu tinggal mengeklik Periksa Detail Tagihan
  • Klik Bayar Sekarang dan pilih salah satu metode pembayarannya, misalnya saja via ShopeePay, minimarket ataupun transfer bank
  • Lakukan pelunasan sesuai dengan petunjuk Shopee tersebut dan pembayaran kamu sudah selesai

Mekanisme Kredit HP via Paylater

Kamu perlu tahu jika Shopee mempunyai ketentuan di dalam mekanisme tagihannya. Dalam artian setiap kali kamu melakukan transaksi dengan Paylater, semua data akan dikumpulkan lebih dulu dan Spaylater akan mencetaknya pada tanggal yang sudah ditentukan.

Untuk tanggalnya sendiri adalah 25 atau 1 pada setiap bulannya, jika tahgihan tersebut sudah tercetak tentunya kamu harus melunasi tagihan tersebut. Spaylater juga akan memberikan kamu waktu 10 hari, sehingga jatuh tempo ada pada tanggal 5 ataupun 11 setiap bulannya.

Denda Terlambat Bayar Kredit di Shopee

Jika kamu terlambat membayar kredit tersebut tentu saja akan kena denda per 1 bulan. Untuk besarannya sendiri adalah 5% dari total tagihan yang sudah tercetak. Jadi, jika denda terus menumpuk tentu saja akan menjadi masalah untuk kamu kedepannya.

Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara kredit HP di Shopee yang dapat kamu lakukan lengkap dengan syarat dan aktivasi Spaylaternya, bahkan sampai dengan denda keterlambatannya. Dengan adanya penjelasan tersebut semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin kredit HP.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: