8 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal dan Risikonya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagaimana cara kabur dari pinjaman online ilegal? Pada saat ini masih saja ada orang yang menggunakan pinjaman online ilegal ketika membutuhkan dana darurat. Padahal pinjaman online ilegal ini bisa merugikan pihak peminjam selalu ingin kabur dari pinjaman online ilegal tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk kabur dari pinjaman online ilegal tersebut jika dirasa pinjaman tersebut merugikan. Nah, bagaimana caranya? Pada artikel ini sudah kami tuliskan cara kabur dari pinjaman online ilegal.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai agar Anda tidak lagi berhubungan dengan pinjaman online ilegal.

Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk kabur dari pinjaman online ilegal. Namun, Anda jangan terburu-buru untuk memblokir nomor DC yang menghubungi Anda.

Anda bisa menggunakan cara kabur dari pinjaman online ilegal ini jika Anda sudah ditagih dengan tidak pantas, seperti pihak DC yang melakukan kekerasan, ancaman, dan pemaksaan terhadap pihak peminjam dan keluarga terkait.

Namun, akan ada resiko yang diterima jika Anda kabur dari pinjaman online ilegal tersebut. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk kabur dari pinjaman online ilegal, diantaranya yaitu:

1. Hapus Data Diri di Pinjaman Online

Cara pertama sebelum melarikan diri dari pinjaman online ilegal Anda perlu menghapus semua data diri di pinjaman online ilegal. Hal ini perlu dilakukan agar identitas diri Anda tidak disalahgunakan oleh pihak pinjaman online ilegal.

2. Ganti Nomor Telepon

Biasanya nomor telepon menjadi salah satu media yang digunakan oleh pihak DC pinjaman online untuk menagih cicilan atau pinjaman. Sehingga Anda harus menghilangkan jejak pinjaman online agar Anda tidak diganggu dan diteror lagi.

Anda bisa mengganti nomor telepon, namun pastikan Anda tidak menggunakan nomor NIK dan KK yang sama pada saat pendaftaran kartu. Hal ini dilakukan untuk menghindari pelacakan nomor baru yang Anda miliki. Jika perlu Anda bisa menggunakan handphone baru.

3. Pindah Rumah

Biasanya pinjaman online ilegal akan mendatangkan DC atau debt collector ke rumah peminjam untuk menagih pinjaman secara langsung. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, silahkan Anda pindah daru rumah sebelumnya hingga pihak DC tidak mengganggu Anda lagi.

4. Ajukan Keringanan

Anda juga bisa mengajukan keringanan pembayaran sebelum kabur dari pinjaman online ilegal. Hal ini harus dilakukan agar pinjaman atau cicilan Anda tidak menunggak. Jika Anda langsung kabur dari pinjaman online, bisa saja pinjaman Anda melonjak sampai angka yang wajar.

5. Minta Bantuan ke Lembaga Sosial

Pada saat ini ada beberapa lembaga yang memberikan layanan bantuan kepada orang yang terjerat dengan pinjaman online. Anda bisa memanfaatkan bantuan dari lembaga sosial ini dengan menceritakan permasalahan yang Anda alami dengan pinjaman online.

Selain itu, lembaga sosial biasanya juga akan membantu untuk melaporkan kepada pihak berwajib jika terjadi hal-hal yang tidak benar pada proses pemberian dan penagihan pinjaman online.

6. Abaikan

Anda juga bisa mengabaikan tagihan dari pinjaman online hingga pinjaman online tersebut berhenti menagih. Biasanya pinjaman online ilegal akan menyewa debt collector dengan harga yang cukup tinggi dan dalam batas penagihan tertentu.

Pinjaman online ilegal juga tidak dapat mengajukan gugatan, sehingga pinjaman online tersebut akan merugi karena menyewa debt collector terus menerus. Lalu Anda mengurangi komunikasi dengan pihak pinjaman online ilegal.

7. Ceritakan ke Orang Terdekat

Silahkan Anda evaluasi pinjaman yang pernah Anda lakukan dengan menghitung bunga yang dibebankan dan apakah perusahaan tersebut legal atau ilegal. Jika perusahaan tersebut ilegal Anda bisa melaporkan nya kepada pihak terkait dan pinjaman tersebut tidak perlu dibayar.

8. Laporkan ke Pihak Berwajib

Cara kabur dari pinjaman online ilegal yang terakhir adalah melaporkan ke pihak berwajib. Hal ini bisa dilakukan jika pihak pinjaman online ilegal melakukan hal yang di luar perjanjian atau melakukan kesalahan dan melakukan kekerasan.

Resiko Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Seperti yang dituliskan sebelumnya, jika Anda melakukan cara kabur dari pinjaman online ilegal, akan ada beberapa resiko yang Anda terima. Resiko tersebut diantaranya yaitu:

  • Identitas diri yang didaftarkan pada saat pengajuan pinjaman online ilegal bisa saja disalahgunakan karena tidak adanya perlindungan keamanan
  • Pemutusan hubungan pekerjaan jika pihak pinjaman online menagih ke perusahaan tempat Anda bekerja
  • Tagihan akan membengkak karena pinjaman online ilegal tidak memiliki prosedur yang baik dan tidak mengikuti peraturan dari OJK
  • Peminjam bisa saja menerima kekerasan, pemaksaan, ancaman dari debt collector yang menagih cicilan
  • Pinjaman online ilegal biasanya tidak terdaftar dan diawasi oleh otoritas keuangan, jadi peminjam tidak akan mendapatkan hak-hak sebagai konsumen

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Bagaimana cara melaporkan pinjaman online ilegal?

Anda bisa mengumpulkan semua bukti pinjaman online ilegal terlebih dahulu dan kemudian melaporkannya kepada pihak polisi atau ke Kominfo atau ke satgas waspada investasi.

Apakah kita harus membayar cicilan jika pinjaman online tersebut terbukti ilegal?

Tidak perlu. Apalagi jika Anda telah melaporkannya kepada pihak berwajib.

Apakah pihak pinjaman online ilegal akan menghubungi jika nomor kita telah diganti?

Tidak akan jika Anda tidak mendaftarkan kartu baru tersebut menggunakan nomor NIK dan KK yang sama. Jadi, jika Anda mengganti nomor telepon pastikan nomor telepon tersebut tidak terdaftar menggunakan nomor NIK dan nomor KK yang sama.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: