Cara Cek Pemadanan NIK NPWP Lewat DJP Online

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Proses pemadanan Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan Nomor Pokok Wajib Pajak harus terselesaikan hingga pertengahan 2024. Cara cek pemadanan NIK NPWP tentu perlu Anda lakukan untuk mengetahui apakah NPWP sudah sama menggunakan NIK.

Kebutuhan pemadanan NIK dan NPWP tersebut menjadi program Ditjen Pajak yang harus terselesaikan dengan cepat. Anda perlu melakukan pengecekan apakah sudah terjadi pemadanan untuk data NPWP Anda agar sesuai dengan NIK.

Cara Cek Pemadanan NIK NPWP Secara Mudah

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah nomor yang tertera di NPWP sudah sama dengan NIK. Penjelasan mengenai cara cek ini bisa Anda lakukan lewat beberapa langkah dan tahapan berikut ini.

1. Cek Lewat Kantor Layanan Pajak Terdekat

Cara pertama yang bisa Anda pilih untuk melakukan pengecekan perubahan nomor tersebut yakni dengan mendatangi kantor layanan pajak terdekat. Anda cukup menyampaikan kepada petugas agar bisa mengetahui pengecekan pemadanan NPWP dan NIK.

Selain melakukan pengecekan, Anda juga bisa langsung melakukan proses pemadanan tersebut jika memang NPWP belum sama dengan NIK. Semua proses pasti dibantu oleh petugas untuk Anda yang tidak memahami cara pemadanannya.

2. Cek Lewat Web Pajak Online

Anda juga bisa melakukan pengecekan mandiri lewat ereg.pajak.co.id. proses pengecekan ini berjalan secara online sehingga tentunya dapat lebih memudahkan Anda. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar dapat melakukan pengecekan pemadanan NPWP dan NIK, seperti penjelasan di bawah ini.

  • Buka website ereg.pajak.go.id lewat desktop maupun smartphone
  • Pindahkan halaman hingga ke bagian bawah dan temukan menu Cek NPWP
  • Anda juga bisa langsung ke menu tersebut lewat tautan ereg.pajak.go.id/ceknpwp
  • Pilih wajib pajak orang pribadi atau badan jika Anda ingin cek badan hukum
  • Masukkan NIK beserta nomor kartu keluarga dan kode captcha yang muncul
  • Klik tombol cari yang tersedia untuk mengetahui data NPWP
  • Anda dapat melihat semua keterangan NPWP apakah nomornya sudah sama dengan NIK

Proses pengecekan dapat berjalan dengan mudah karena berlangsung secara online. Cara cek pemadanan NIK NPWP ini penting agar Anda bisa melakukan segera proses validasi sehingga data nomor sudah sama.

Cara Cek Pemadanan NPWP dengan NIP lewat DJP Online

Selain mengetahui cara pengecekan lewat langkah di atas, Anda juga bisa memanfaatkan pengecekan melalui DJP online. Proses cek ini hanya bisa dilakukan setelah Anda punya akun DJP online yang aktif. Berikut ini cara cek atau validasi data pemadanan NPWP dan NIK tersebut lewat DJP online.

  • Buka website djponline.pajak.go.id dari browser Anda
  • Masukkan 16 digit NIK Anda serta masukkan password DJP online Anda
  • Tekan tombol login
  • Jika Anda berhasil masuk langsung maka artinya NIK sudah mengalami pemadanan dengan NPWP namun jika tidak

Cara Pemadanan NIK dan NPWP Secara Online

Selain bisa melakukan pemadanan langsung lewat bantuan petugas di kantor layanan pajak sesuai NPWP Anda, proses pemadanan juga dapat Anda lakukan lewat online. Berikut ini cara pemadanan NIK Anda dengan NPWP secara online.

  • Masuk dalam halaman website djponline.pajak.go.id
  • Login ke dalam akun Anda lewat nomor NPWP dan juga password DJP online
  • Masukkan kode keamanan atau berupa captcha pada kolom yang tersedia
  • Tekan tombol Login
  • Jika Anda sudah berhasil masuk maka temukan menu Profil dan kemudian pilih Data Profil
  • Masukkan NIK Anda yang berjumlah 16 digit sesuai dengan KTP dan kemudian tekan menu Validasi
  • Setelah masuk, klik menu Ubah Profil
  • Anda bisa log out akun dan masuk kembali dengan menggunakan NIK
  • Jika sudah berhasil masuk dengan NIK maka pemadanan berhasil

Anda dapat menghubungi kantor layanan pajak sesuai NPWP ketika proses pemadanan tersebut masih belum berhasil berjalan. Mungkin ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi pemadanan tidak bisa dilakukan dan harus pergi ke kantor layanan pajak langsung.

Fungsi Pemadanan NIK dan NPWP

Terkait dengan keharusan para wajib pajak untuk memadankan NIK dan NPWP tersebut tentu memilik fungsi tertentu. Fungsi utama adanya proses pemadanan NIK NPWP tersebut dilakukan untuk menciptakan kepatuhan terhadap pajak yang lebih baik.

Pemadanan dimaksudkan agar para wajib pajak bisa lebih meningkatkan kepatuhan perpajakan secara langsung. Selain itu, pemadanan juga difungsikan untuk lebih meningkatkan pengaturan administrasi yang lebih rapi dan valid untuk para wajib pajak. Beberapa fungsi tersebut dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

  1. Pemadanan dilakukan agar setiap orang yang punya NPWP benar – benar terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak
  2. Pemadanan dimaksudkan agar setiap wajib pajak lebih peduli terhadap kewajiban pajaknya
  3. Pemadanan juga bertujuan untuk melakukan akurasi data terkait dengan wajib pajak maupun jumlah penerimaan pajak di Indonesia

Dengan fungsi pentingnya bagi perpajakan di Indonesia tersebut, pelaku pajak harusnya mulai memahami dengan baik kebutuhan untuk bisa melakukan pemadanan di mana harus Anda jalani sebelum tanggal 31 Desember 2023.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Cek Pemadanan NIK NPWP

Apakah wajib melakukan pemadanan nomor NIK dan NPWP bagi wajib pajak ?

Iya, proses pemadanan pajak tersebut wajib dan memang harus dilakukan oleh semua wajib pajak tanpa terkecuali.

Adakah konsekuensi bagi wajib pajak yang tidak melakukan pemadanan pajak ?

Ada, Anda tidak bisa menikmati layanan perpajakan mulai tahun 2024 ketika tidak melakukan pemadanan pajak sehingga sebaiknya dihindari agar urusan perpajakan tetap lancar.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: