Cara Cek Nama Penerima PIP dan Proses Pengajuannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan bantuan pemerintah terhadap siswa tingkat SD, SMP, dan SMA. Cara cek nama penerima PIP menjadi satu langkah yang sebaiknya Anda perhatikan sebagai orang tua siswa akan ikut memperoleh bantuan dari pemerintah tersebut.

PIP merupakan bentuk bantuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemdikbud. Ada beberapa tahapan yang perlu dilewat siswa untuk bisa masuk dalam daftar penerima PIP.

Cara Cek Nama Penerima PIP dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang perlu siswa lakukan setelah mengajukan diri sebagai penerima PIP sebelum melakukan pengecekan nama penerima bantuan tersebut. Pengecekan nama bisa Anda lakukan langsung lewat website resmi Kemdikbud, seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Kunjungi atau buka website resmi PIP di pip.kemdikbud.go.id
  2. Temukan kolom bertuliskan Cari Penerima PIP yang ada pada halaman utama web tersebut
  3. Masukkan NISN, NIK, dan hasil penjumlahan yang ada sebagai verifikasi
  4. Tekan bagian Cari dan temukan nama penerima bantuan PIP serta status pencariannya
  5. Anda bisa search nama siswa yang ingin dicari secara langsung
  6. Jika ada nama yang Anda cari disitu maka kembali ke bagian status pencarian untuk mengecek prosesnya

Hadirnya teknologi internet dan website sekarang ini mempermudah siswa dalam melakukan pengecekan penerima bantuan dari pemerintah termasuk program PIP. Jika nama yang Anda cari belum ada maka mungkin belum terproses atau memang tidak memenuhi syarat penerima PIP.

Aktifkan Rekening SimPel untuk Pencarian PIP dari Kemdikbud

Jika nama siswa masuk dalam daftar penerima PIP, Anda perlu melakukan pengaktifan rekening Simpel agar bisa mencarikan bantuan tersebut. Ada beberapa langkah yang perlu Anda jalani agar bisa mengaktifkan rekening tersebut, seperti lewat penjelasan di bawah ini.

  1. Kunjungi bank BRI untuk siswa SD dan SMS serta BNI untuk SMA dan SMK (Khusus Provinsi Aceh menggunakan BSI)
  2. Bawa surat keterangan aktivasi dari sekolah untuk melakukan pengurusan rekening SimPel
  3. Siapkan data identitas yang Anda butuhkan yakni KTP atau kartu pelajar untuk siswa belum berusia 17 tahun
  4. Isi formulir yang ada dengan lengkap dan valid
  5. Rekening akan diproses oleh petugas bank

Semua bantuan dana dari program PIP langsung masuk ke rekening SimPel jika siswa termasuk dalam daftar saat Anda melakukan cara cek nama penerima PIP. Semua siswa punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan program tersebut asalkan sesuai dengan syaratnya.

Cara Pengajuan Siswa Penerima PIP dari Kemdikbud

Jika siswa belum mendapatkan program PIP maka ada cara yang bisa dilakukan dalam proses pengajuannya. Ada beberapa langkah pengajuan yang perlu diperhatikan bagi siswa agar bisa mendapatkan program bantuan PIP tersebut.

1. Siswa Harus Terdaftar Peserta KIP

Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan memastikan bahwa nama siswa merupakan peserta dari KIP atau kartu Indonesia pintar. Jika belum menjadi peserta maka sekolah dapat mengajukan siswa tersebut agar memiliki KIP sebagai syarat wajib penerima PIP dari Kemdikbud.

2. Melakukan Pendaftaran di Situs PIP

Anda perlu melakukan pendaftaran dalam situs PIP agar dapat menjadi penerima bantuan tersebut. Isi semua formulir yang dibutuhkan secara valid dan benar. Proses pengisian ini biasanya dibantu oleh pihak sekolah agar tepat dan benar.

3. Pastikan Data Akurat

Dalam proses pengisian formulir pengajuan PIP, Anda harus memastikan bahwa data yang sudah terisikan akurat. Dengan isian yang akurat dan valid maka kesempatan untuk mendapatkan program KIP tentu lebih besar.

4. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah tahapan pengisian dan pengajuan sudah Anda lakukan maka langkah selanjutnya hanya tinggi menunggu proses verifikasi. Lamanya proses verifikasi dapat Anda tunggu sesuai dengan ketentuan dari Kemendikbud.

Setelah pengajuan, siswa dapat melakukan pengecekan berkala lewat cara cek nama penerima PIP seperti penjelasan di atas. Setiap siswa punya kesempatan untuk mendapatkan program PIP sesuai dengan syarat yang berlaku.

Besarnya Biaya Bantuan Program PIP bagi Siswa

Sebagai informasi, besaran biaya bantuan PIP bagi siswa dari Kemdikbud tersebut berbeda untuk setiap jenjangnya. Ada pun nilai biaya yang diberikan tersebut besarannya dijelaskan dalam beberapa uraian di bawah ini.

  1. Siswa untuk tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan paket A bisa memperoleh bantuan PIP sebesar Rp. 450.000 untuk satu tahun
  2. Siswa untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Paket B bisa memperoleh bantuan PIP sebesar Rp. 750.000 untuk satu tahun
  3. Siswa untuk tingkat Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Paket C bisa memperoleh bantuan PIP sebesar Rp. 1.000.000 untuk satu tahun

Setiap jenjang pendidikan punya besaran PIP yang berbeda karena adanya kebutuhan yang juga beda. Semakin tinggi jenjang maka kebutuhan untuk melaksanakan pendidikan dengan baik tentu lebih besar.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Cek Nama Penerima PIP

Berapa lama proses verifikasi data penerima PIP sampai diumumkan ?

Panitia PIP butuh beberapa waktu untuk melakukan pengecekan kesesuaian syarat agar masuk dalam daftar penerima PIP dari seluruh Indonesia sehingga prosesnya tidak sebentar.

Apakah semua siswa berhak mendapatkan program PIP ?

Setiap siswa punya kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan program bantuan PIP dari Kemdikbud tersebut mulai dari jejang SD, SMP, dan SMA asalkan memenuhi persyaratan yang ada.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: