
Cara bayar listrik lewat dana yaitu buka aplikasi Dana, klik menu Listrik, pilih Pascabayar, input nomor ID pelanggan, cek nominal, dan bayar. Mudah, kan? menggunakan aplikasi Dana kamu dapat membayar listrik hanya dalam waktu hitungan menit saja.
Sekarang ini, bayar listrik memang dapat dilakukan dengan mudah, dimanapun dan kapanpun. Karena transaksinya dapat dilakukan secara online. Salah satunya yaitu menggunakan aplikasi Dana.
Artikel ini merangkum dengan lengkap mengenai syarat dan cara bayar listrik lewat Dana. Baca artikelnya sampai selesai ya.
Adapun syarat-syarat bayar listrik lewat Dana yang harus kamu tahu, yaitu:
1. Cek langsung di meteran listrik
Kamu bisa mengecek ID listrik di meteran kamu, ID ini nantinya terdiri dari 11 atau 12 digit angka. Pengguna bisa cek di meteran kamu, di bagian barcode yang ada nanti terdapat 11 atau 12 digit nomor yang merupakan ID pelanggan. Tulis atau foto ID tersebut jangan sampai hilang.
2. Cek lewat struk pembayaran
Biasanya cek ID listrik bisa di lakukan dengan melihat struk pembayaran. Saat kamu melakukan pembayaran listrik dengan cara online, maka ID pelanggan bisa kamu lihat di layar smartphone.
Di bukit pembayaran listrik secara offline atau online, ada ID pelanggan yang berjmlah 11 atau 12 digit angka.
Jadi, jika membayar listrik jangan asal membuang struknya. Karena di struk itu ada nomer ID pelanggan.
3. Cek di aplikasi PLN
Jika kamu tiba-tiba lupa dengan ID pelanggan, maka kamu bisa mengecek lewat aplikasi resminya. Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek ID pelanggan yaitu PLN mobile. Pastikan jika kamu sudah mendaftar atau mempunyai akun diaplikasi itu.
Kalau belum mempunyai akun, kamu bisa membuat dengan memasukkan beberapa data pribadi. Kalau sudah mendaftar, maka akan muncul nama dan ID PLN itu. Cara ini mudah sekali, namun kamu harus memastikan terlebih dahulu jika ada space yang cukup pada smartphone untuk menginstal aplikasinya.
4. Menghubungi Call Center PLN
Jika kamu ingin mengetahui nomer ID pelanggan kamu juga bisa menghubungi call center PLN yaitu 123. Langkah ini adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mendapatkan ID pelanggan dengan cepat.
Layanan ini tersedia selama 24 jam jadi kamu bisa menghubunginya kapan saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Namu, pastikan juga jika kamu mempunyai pulsa yang cukup untuk menghubungi Call Center PLN 123.
5. Mendatangi kantor PLN
Jika cara-cara di atas belum memberikan hasil sesuai keinginan kamu, maka kamu bisa datang ke kantor PLN.
Kamu tinggal datang dan membawa petunjuk identitas. Kalau sudah di lokasi, sampaikan tujuan dan alasan kamu mengajukan permohonan tentang pengecekan ID pelanggan.
Cara untuk mengecek ID pelanggan cukup mudah kan? Kamu bisa memilih salah satu cara diatas jika kamu ingin mengecek ID pelanggan sesuai dengan kebutuhan kamu.
Di bawah ini ada beberapa Langkah-langkah untuk membayar listrik lewat aplikasi dompet digital yang bernama DANA. Langkah-langkah adalah sebagai berikut :
Tentunya untuk setiap transaksi kamu akan dikenakan biaya administrasi atau biaya layanan, biaya administrasi di dana ini lebih murah daripada biaya administrasi pembelian listrik di shoope atau Tokopedia.
Bahkan lebih murah daripada kamu membeli token di Indomaret atau Alfamart, biaya administrasi di dana yaitu sebesar Rp. 1.500. sangat murah bukan?.
Jadi kamu bisa membeli listrik di aplikasi Dana dengan biaya admin yang sangat terjangkau.
Di aplikasi dompet digital yang bernama Dana ini kamu juga bisa mengecek tagihan listrik milik kamu, untuk mengecek tagihan langkah-langkah ada di bawah ini :
Cara melihat token listrik di Dana yaitu kamu tinggal cek riwayat pembayaran yang pernah dilakukan. Di situ akan muncul nomor token listrik.
Nomor tersebut bisa langsung input pada KWH meter di rumah. Maka listrik akan terisi seperti biasanya. Sangat mudah sekali bukan?
Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.