Cara Bayar Listrik di Indomaret Prabayar dan Pascabayar

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara bayar listrik di Indomaret menjadi salah satu hal yang menjadi pilihan sebagian besar masyarakat karena lebih mudah dan juga sekalian belanja kebutuhan. Jenis dari listrik ada dua yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Yang menarik adalah di Indomaret ini kamu bisa membayarkan keduanya.

Untuk pembayaran listrik di Indomaret sendiri kamu bisa melalui kasir ataupun i-Kios. Meskipun banyak juga orang yang memilih untuk membayarkan tagihan listrik secara online tetapi tidak semua orang mempunyai rekening ataupun dompet digital, sehingga bisa memanfaatkan Indomaret secara cash.

Syarat Bayar Listrik di Indomaret

Sebenarnya untuk membayarkan listrik melalui Indomaret ini sangat mudah karena kamu tidak perlu mempersiapkan apapun, namun memang ada beberapa hal yang menjadi syarat untuk membayarkannya. Berikut, beberapa di antaranya:

  • Yang pertama tentu saja uang cash yang cukup untuk membayarkan tagihan ataupun membeli token listrik. Karena biasanya banyak orang memilih untuk membayar listrik via Indomaret ini tentu saja secara cash.
  • Kamu juga bisa membawa kartu debit jika memang tidak mempunyai uang cash dan tidak memiliki mobile banking ataupun internet banking. Yang perlu kamu bawa tentu saja kartu debit dengan saldo yang cukup untuk membayar.
  • Kamu harus memperhatikan jam pembayaran karena kamu tidak bisa membayarkan listrik via Indomaret pada jam 23.45 hingga 00.30. Jadi sangat disarankan untuk membayarkan listrik di bawah jam 23.00.
  • Selain itu tentunya kamu membutuhkan nomor pada meteran listrik untuk bisa membayar tagihan listrik ataupun membeli tokennya.                            

Cara Bayar Tagihan Listrik di Indomaret Melalui Kasir

Untuk membayarkan tagihan listrik sebenarnya ada banyak cara, salah satunya adalah melalui kasir Indomaret. Untuk kamu yang mungkin masih bingung bagaimana caranya, berikut, beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Datang Ke Kasir Indomaret

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membayar listrik via Indomaret tentu saja datang langsung ke bagian kasir Indomaret terdekat. Sampaikan kepada petugas kasir jika kamu ingin membayarkan tagihan listrik baik itu prabayar ataupun pascabayar.

2. Informasikan Nomor ID Pelanggan PLN

Setelah kamu menyampaikan ke petugas kasir ingin membayarkan tagihan listrik atau membeli token, beri tahukan informasi mengenai nomor ID Pelanggan PLN kamu.

Jika kamu sudah memberitahu kasir, tunggu saja kasir untuk mengecek nomor ID Pelanggan PLN kamu dan memprosesnya. Kamu juga nantinya bisa melihat besaran tagihannya.

Setelah itu nantinya petugas kasir juga akan memberikan informasi mengenai besaran tagihan listrik yang harus kamu bayarkan beserta biaya admin.

3. Bayar Sesuai Nominalnya

Jika kamu sudah tahu berapa nominal yang harus kamu bayarkan, langsung saja bayarkan sesuai dengan total nominalnya. Jika pembayaran sudah berhasil tentunya kasir akan memberikan bukti pembayaran. Kamu bisa melihat dan menyimpannya.                             

Cara Bayar Listrik di Indomaret via i-Kios

Selain langsung ke kasir, kamu juga bisa membayar tagihan listrik ataupun membeli token melalui i-Kios. Caranya juga sangat mudah, sehingga kamu tak perlu khawatir ataupun bingung ketika ingin membayarkanya. Berikut, cara bayar listrik di Indomaret via i-Kios yang bisa kamu lakukan:

1. Kunjungi Mesin i-Kios di Indomaret

Pertama-tama tentunya kamu harus mengunjungi mesin i-Kios yang ada di Indomaret. Pastikan untuk ke Indomaret yang terdapat mesin i-Kios. Karena ada beberapa Indomaret yang memang tidak mempunyai mesin i-Kios.

2. Pilih Menu Pembayaran Listrik

Setelah kamu mendatangi mesin i-Kios yang ada di Indomaret, langsung saja operasikan mesin tersebut. kemudian pilih saja menu “Pembayaran Tagihan Listrik”.

3. Input Nomor ID Pelanggan PLN

Setelah masuk ke halaman pembayaran tagihan listrik, nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor ID Pelanggan PLN. Kamu langsung saja masukkan nomor ID Pelanggan tersebut, pastikan benar dalam memasukkannya.

Kemudian kamu bisa mengikuti petunjuk yang muncul di layar tersebut, biasanya kamu akan memperoleh struk.

4. Berikan Struk Ke Petugas Kasir Indomaret

Setelah kamu mendapatkan struk tersebut, kamu bisa menuju ke kasir Indomaret kemudian berikan struk itu kepada petugas kasir Indomaret. Karena nantinya petugas kasir Indomaret akan memproses dan mengeceknya.

5. Lakukan Pembayaran Tagihan

Jika permintaan kamu sudah diproses oleh petugas kasir Indomaret, kamu bisa langsung melakukan pembayaran tagihan listrik ataupun pembelian token sekaligus biaya admin yang mana sesuai dengan yang tertera pada struk tersebut.

Nantinya petugas kasir akan memberikan konfirmasi kembali mengenai jumlah tagihan listrik kamu beserta biaya adminnya.

Setelah kamu selesai membayarnya, kasir tentu saja akan memberikan struk pembayaran. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai struk bukti pembayaran yang sah dari tagihan listrik kamu.  

Cara Bayar Listrik Prabayar di Indomaret

Selain membayarkan listrik pascabayar di Indomaret, kamu juga bisa membayar listrik prabayar atau sering kali disebut dengan token listrik. Pada dasarnya cara pembayaran ataupun pembeliannya hampir sama dengan pascabayar. Berikut, beberapa langkahnya:

1. Kunjungi Indomaret Terdekat

Jika kamu ingin membeli token listrik via Indomaret tentunya harus mendatangi outlet Indomaret terdekat lebih dulu.

2. Datangi Petugas Kasir

Setelah kamu datang ke Indomaret terdekat, kamu bisa langsung mendatangi petugas kasir tersebut kemudian sampaikan maksud kamu jika ingin membeli token listrik.

Nantinya petugas kasir akan bertanya tentang informasi ID Pelanggan PLN dan juga nomor meter dari token listrik kamu. Kemudian kamu jawab saja dengan memberikan informasi berapa ID Pelanggan serta nomor meter dari token listrik secara benar.

Setelah itu, petugas kasir Indomaret nantinya akan memasukkan nomor meter dari token listrik kamu di komputernya. Kemudian petugas kasir akan menyebutkan beberapa informasi, terutama berupa nama pengguna dari token listrik tersebut.

Di sini kamu harus memastikan jika data tersebut sudah tepat dan jangan sampai terdapat kesalahan karena uang nantinya tidak akan bisa kembali.

3. Sebutkan Nominal Token Listrik

Kamu bisa menyebutkan berapa nominal token listrik yang akan kamu isikan pada meteran listrik. Biasanya token yang tersedia adalah 20ribu, 50ribu, 100ribu, 200ribu dan selanjutnya.

Jika kamu sudah menyebutkan nominalnya petugas kasir akan memproses permintaan kamu. Setelah itu petugas kasir akan memberikan struk yang isinya adalah nomor voucher token listrik yang ingin kamu beli.

4. Pembelian Token Listrik Selesai

Sebelum kamu meninggalkan Indomaret tersebut, tentunya harus memastikan nomor voucher token listrik yang ada pada struk jelas sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan ketika menginputnya pada meteran listrik kamu.

Biaya Admin Bayar Listrik di Indomaret

Setiap metode pembayaran tagihan listrik tentu saja membebankan biaya admin, namun kamu tak perlu khawatir. Untuk cara bayar listrik via Indomaret ini hanya membebankan biaya admin sebesar Rp 2.500,- saja, sehingga sangat terjangkau.

Demikian cara bayar listrik di Indomaret baik itu pascabayar ataupun prabayar yang bisa kamu lakukan. Pada dasarnya pembayaran listrik via Indomaret memang cukup mudah karena nantinya semua prosesnya akan dilakukan petugas kasir Indomaret.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Bayar Listrik di Indomaret

Apakah ada perbedaan pembayaran listrik prabayar dan pascabayar via Indomaret?

Sebenarnya perbedaannya tidak terlalu mencolok karena yang membedakan hanyalah pembayaran di awal dan di akhir.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: