Cara Bayar Denda BPJS Lewat ATM Mandiri Beserta Syaratnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi para pengguna BPJS pribadi, denda bisa saja muncul akibat keterlambatan pembayaran atau tidak pernah bayar sama sekali. Cara bayar denda BPJS lewat ATM Mandiri menjadi satu pilihan yang bisa Anda lakukan untuk melunasi denda tersebut.

Membayar denda menjadi pertimbangan penting agar Anda bisa menikmati layanan BPJS kesehatan tersebut. Proses bayar denda tentu dipermudah dengan beragam cara dan metode pembayarannya, termasuk lewat ATM dari bank Mandiri.

Syarat Bayar Denda BPJS Menggunakan ATM Mandiri

Seperti yang disebutkan di atas, membayar denda BPJS dapat Anda lakukan lewat ATM bank Mandiri. Proses membayarnya punya bisa terbilang cepat dan mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa membayar denda dengan menggunakan ATM Mandiri, seperti berikut ini.

1. Akun BPJS

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan agar bisa membayar denda dari layanan BPJS tersebut yakni ID atau akun BPJS. Anda harus punya ID BPJS Anda terlebih dahulu sehingga bisa melakukan pembayaran denda yang muncul karena keterlambatan atau tidak pernah membayar sebelumnya.

2. Saldo Bank Mandiri

Syarat kedua yang perlu diperhatikan dalam proses membayar denda BPJS menggunakan ATM Mandiri yakni mempersiapkan saldo rekeningnya. Anda harus punya cukup saldo rekening agar bisa melakukan pembayaran layanan BPJS dengan mudah dan cepat lewat ATM

3. Pilihan ATM Mandiri

Syarat ketiga yang juga sebaiknya Anda perhatikan dengan baik yakni berkaitan dengan pilihan ATM. Anda tentu harus datang ke ATM langsung agar dapat melakukan pembayaran denda dari layanan BPJS kesehatan.

Dengan mempersiapkan syarat yang ada, Anda bisa melakukan pembayaran dengan BPJS lebih mudah lewat ATM Mandiri. Pembayaran dengan menggunakan ATM Mandiri hanya sebagai salah satu pilihan saja di antara beragam cara lainnya.

Kode Bayar Denda BPJS Lewat ATM Mandiri

Anda tentu membutuhkan kode yang tepat dalam proses pembayaran denda dari layanan BPJS lewat ATM Mandiri. Tanpa menggunakan kode yang tepat, proses bayar bisa jadi tidak tetap sasaran dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kode pembayaran dengan BPJS lewat ATM Mandiri yang Anda butuhkan ada dua yakni kode transfer dan juga nomor ID pelanggan Anda. Kode transfer BPJS khusus untuk denda yakni 23991. Selain kode tersebut, Anda juga butuh nomor virtual account pembayaran BPJS sesuai untuk bank Mandiri.

Cara Bayar Denda BPJS Lewat ATM Mandiri

Untuk bisa membayar denda BPJS, Anda perlu melewati beberapa langkah penting yang harus dilakukan secara tepat. Ada beberapa langkah dalam proses bayar denda dari BPJS dengan menggunakan ATM Mandiri, seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Datangi ATM Bank Mandiri terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan juga input PIN Anda
  3. Pilih menu Bayar/ Beli
  4. Pilih menu Lainnya
  5. Cari menu BPJS
  6. Muncul pilihan jenis BPJS yakni BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan
  7. Pilih menu Individu untuk pembayaran mandiri
  8. Masukkan kode virtual Account yakni 89888 dan ditambahkan 11 nomor kartu Anda
  9. Pilih jumlah pembayaran Anda sesuai dengan keterlambatan
  10. Tekan benar dan lanjutkan tekan YA
  11. Struk pembayaran akan muncul

Dengan langkah yang ada tersebut, Anda bisa membayar denda layanan BPJS lewat ATM Mandiri. Setelah membayarnya, Anda bisa memanfaatkan layanan BPJS segera dan jaminan kesehatan bisa Anda dapatkan lagi.

Cara Mengetahui Jumlah Denda Keterlambatan BPJS

Sebelum melakukan pembayaran, Anda juga harus memperhatikan dengan baik cara tepat dalam mengetahui jumlah denda keterlambatan pembayaran BPJS. Untuk bisa mengetahui secara online, Anda dapat mendownload layanan Mobile JKN agar bisa tahu denda secara langsung.

  1. Download aplikasi Mobile JKN dan daftar pembuatan akun di dalamnya
  2. Masuk ke dalam akun Anda
  3. Tekan menu Rehab atau Cicilan
  4. Dalam menu tersebut akan muncul data denda yang harus Anda bayarkan ketika muncul tunggakan
  5. Jumlah tersebut harus Anda bayarkan, salah satunya dengan cara bayar denda BPJS lewat ATM Mandiri

Dalam proses pembayaran denda keterlambatan atau rehab tersebut, Anda juga bisa mengajukan cicilan ketika memang dirasa nilainya besar. Proses pengajuan cicilan juga bisa Anda proses langsung lewat layanan Mobile JKN tersebut.

Cara Bayar Denda BPJS Lewat Metode Lainnya

Selain membayar lewat ATM Mandiri, denda BPJS tersebut juga bisa Anda bayarkan dengan menggunakan beragam metode lainnya. Bentuk pembayaran BPJS tersebut dapat Anda lakukan seperti penjelasan di bawah ini.

1. Membayar Lewat ATM

Anda bisa membayar dengan menggunakan beragam ATM dari bank lain. Proses bayarnya serupa dengan membayar lewat ATM Mandiri hanya berbeda kode virtualnya saja.

2. Membayar Lewat Mobile Banking

Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan mobile banking sehingga bayarnya secara online. Ada banyak pilihan mobile banking terutama dari bank BUMN yang dapat Anda manfaatkan untuk bayar denda BPJS tersebut.

3. Bayar Lewat Metode Lain

Selain itu, Anda juga bisa bayar lewat retail offline maupun e-commerce yang bekerja sama dengan BPJS di mana pilihannya beragam. Bayar lewat Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Shopee, dan lainnya jadi pilihan yang bisa Anda tentukan

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Bayar Denda BPJS Lewat ATM Mandiri

Kapan layanan BPJS bisa aktif digunakan kembali setelah membayar denda ?

Anda bisa menggunakan langsung setelah semua denda dibayarkan sehingga dapat memanfaatkannya untuk layanan kesehatan sesuai kebutuhan.

Apakah pembayaran denda BPJS bisa dicicil ?

Bisa Anda dapat mencicil layanan pembayaran denda BPJS tersebut untuk tagihan denda yang lebih dari 3 bulan.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: