Cara Batalkan Tiket Kereta Api Secara Online dan Offline

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Saat Anda salah dalam membeli tiket kereta api, cara membatalkan tiket kereta api tentu perlu dilakukan. Pembatalan tiket perjalanan kereta api bisa Anda lakukan ketika memenuhi syarat dan lewat langkah yang benar sehingga uang bisa kembali.

Melakukan pembatalan tiket kereta api bisa saja terjadi karena berbagai alasan yang lebih mendesak. Anda perlu membatalkan perjalanan yang tidak jadi demi bisa mendapatkan uang kembali meskipun tidak sepenuhnya karena ada pemotongan untuk biaya admin.

Cara Batalkan Tiket Kereta Api dengan Benar

Agar Anda bisa melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta api secara tepat dan benar, tentu ada beberapa langkah pentingnya. Pembatalan baru bisa berhasil ketika Anda mengikuti langkah yang tepat dan tidak sembarangan. Berikut langkah yang tepat untuk bisa membatalkan tiket kereta api.

1. Datangi Loket Stasiun Langsung

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membatalkan tiket perjalanan kereta api yakni dengan mendatangi loket yang ada di stasiun secara langsung. Anda bisa membatalkan semua jenis perjalanan kereta api asalkan memenuhi syarat dan kriterianya.

Anda cukup menunjukkan tiket beserta identitas diri yang valid sebagai penanda kepemilikan tiket tersebut. Setelah menunjukkan tiket, petugas loket akan memberikan formulir pembatalan untuk Anda isi. Proses pembatalan berlangsung dan dana akan ditransfer 1×24 jam setelah pembatalan disetujui.

2. Melalui KAI Access

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk membatalkan tiket kereta api yakni melalui aplikasi KAI Access. Untuk bisa melakukan pembatalan secara mudah dan benar, ada beberapa langkah yang bisa Anda jalani, seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi KAI Access dan masuk ke menu Tiket
  • Pilih Kode Booking yang ingin Anda batalkan pada menu Tiket tersebut
  • Klik Pembatalan yang ada pada Kode Booking
  • Baca semua ketentuan yang berlaku untuk aktivitas pembatalan
  • Tekan Lanjut dan masukkan akun bank untuk pengembalian dana refund tiket
  • Proses pembatalan berhasil dan Anda hanya tinggal menunggu refund

Selain membatalkan tiket yang dibeli lewat KAI Access langsung, Anda juga bisa melakukan pembatalan tiket yang dibeli di luar KAI Access. Pembatalan tiket tersebut bisa Anda proses melalui menu My Trik yang ada di aplikasi KAI Access.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api

Selain memahami cara batalkan tiket kereta api, Anda juga harus mempertimbangkan syarat pembatalannya. Pembatalan online dan offline memiliki syarat yang berbeda sehingga perlu Anda perhatikan dengan baik melalui beberapa ulasan di bawah ini.

1. Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Offline

Ketika Anda ingin melakukan pembatalan tiket kereta api secara langsung di stasiun, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Penjelasan mengenai syarat untuk membatalkan tiket kereta api secara offline di stasiun langsung bisa Anda perhatikan di bawah ini.

  • Proses pembatalan hanya dapat dilayani tiket 30 menit sebelum datangnya waktu keberangkatan kereta
  • Pembatalan tiket secara ofline membutuhkan ID yang valid seperti KTP asli dan fotokopi atau menggunakan surat kuasa dengan lampiran KTP asli ketika pembatalan dilakukan orang lain
  • Pembatalan tiket menjadikan Anda perlu membayar biaya pembatalan sebesar 25% dari harga total tiketnya
  • Pembatalan rombongan hanya butuh satu identitas orang yang ikut di dalam perjalanan kereta api tersebut
  • Pembatalan juga dapat berlaku hanya untuk sebagian penumpang saja
  • Dana pembatalan akan dikembalikan lewat dua cara yakni transfer dan pengambilan langsung setelah 30 hari proses refund tiket Anda mendapatkan persetujuan

Perhatikan detail syarat yang perlu Anda lakukan agar bisa refund atau melakukan cara batal tiket kereta api lewat offline. Mudah untuk mendapatkan detail syarat yang tertulis di atas sebelum Anda melakukan proses refund atau pembatalan tiket kereta api.

2. Syarat Batalkan Tiket Kereta Api Secara Online

Selain lewat cara offline, dalam penjelasan di atas juga ada layanan pembatalan secara online Agar Anda bisa membatalkannya dengan mudah. Proses refund tiket kereta api secara online membutuhkan beberapa syarat yang penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

  • Punya Akun dan bisa akses KAI Access
  • Permohonan pembatalan hanya dapat diakukan penumpang sendiri atau salah satu dari rombongan penumpang
  • Pembatalan online hanya menerima proses batal sebelum 2 jam keberangkatan serta kode booking juga harus sudah memiliki status paid atau lunas
  • Sama seperti pembatalan offline, akan ada biaya pembatalan secara online sebesar 25% dari nilai tiket yang sudah Anda beli.
  • Pengembalian dana pengajuan pembatalan tiket kereta api hanya dapat Anda peroleh lewat transfer bank saja.
  • Pastikan Anda memberikan informasi yang benar terutama terkait nama bank untuk pencarian dana dan nomor rekeningnya.

Proses pembatalan online tentu lebih praktis untuk bisa Anda jalani demi bisa mendapatkan pengembalian biaya pembelian tiket kereta api. Anda dapat menghubungi call center KAI demi bisa memperoleh semua informasi secara lengkap dan valid.

FAQ |Pertanyaan Tentang Cara Batalkan Tiket Kereta Api

Berapa lama biaya pengembalian tiket bisa Anda terima setelah melakukan proses batal tiket kereta api ?

Pembatalan online akan melakukan pengembalian dana selama 30 sampai 45 hari sedangkan untuk pembatalan offline selama 30 hari.

Apakah penumpang akan mendapatkan 100% pengembalian dana ketika membatalkan tiket kereta api ?

Tidak,  semua pengembalian dana hanya akan mendapatkan maksimal 75% dari nilai tiket saja sedangkan 25% merupakan biaya pembatalan yang harus Anda tanggung.

Bagaimana jika tiket sudah melewati syarat pembatalan baik online maupun offline ?

Anda tidak bisa membatalkan tiket online lebih dari 2 jam waktu keberangkatan sedangkan tiket offline selama 30 menit sebelum keberangkatan.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: