Analisa, Strategi & Cara Memulai Bisnis Baby Shop Sukses

bisnis baby shop

Perlengkapan bayi pada dasarnya adalah kebutuhan dimana jangka waktu pemakaiannya singkat namun sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh banyak orang. Sehingga tak heran bila tak sedikit orang tertarik untuk menjalankan bisnis baby shop ini.  

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang tertarik dengan bisnis perlengkapan bayi in? Jika ya maka sangat tepat sekali kamu membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini akan saya jelaskan secara rinci tentang peluang dan strategi bisnis perlengkapan toko bayi ini. Yuk simak!

Analisa Peluang Bisnis Baby Shop

Pertama kita analisa dulu peluang usaha bisnis perlengkapan bayi ini. Hal ini bertujuan agar kamu bisa melihat dengan jelas peluangnya. Dalam hal ini saya menggunakan analisa SWOT, yaitu:

1. Strength (Kekuatan)

Hal yang menjadi kekuatan bisnis toko bayi ini adalah produknya sangat dibutuhkan. Orang tua rata-rata lebih suka membelikan bayi baju ketimbang baju dirinya sendiri.

Selain itu, produk-produk bayi itu baik makanan, minuman, perlengkapan mandi, perlengkapan sehari-hari hingga pakaiannya merupakan produk yang cepat habis.

Bahkan pakaiannya sekalipun, kadang bayi harus beli 2 minggu hingga maksimal 1 bulan sekali. Karena bayi proses pertumbuhannya cepat. Selain itu, produknya juga harus benar-benar terjamin, karena bayi tidak bisa pakai sembarangan produk.

2. Weakness (Kelemahan)

Sedangkan hal yang menjadi kelemahan untuk menjalankan bisnis toko bayi ini adalah besarnya modal. Kenapa? Karena produk yang disediakan harus lengkap.

Kebanyakan orang ketika belanja kebutuhan bayi akan belanja dalam jumlah banyak. Selain itu, perlengkapannya juga harus lengkap.

Jika tidak, akan sulit mendapatkan penjualan. Orang akan lebih suka belanja di toko bayi yang lengkap biar bisa beli sekaligus perlengkapannya.

3. Opportunity (Peluang)

Saat ini ada banyak supplier yang siap memasok kebutuhan produk. Bahkan mereka membuka pendaftaran reseller. Di marketplace pun banyak supplier yang bisa kamu temukan dengan berbagai varian produk dan harga.

4. Threats (Ancaman)

Baby shop itu selalu ada dan muncul toko baru setiap harinya. Mereka menawarkan produk yang menarik dengan kualitas yang juga bersaing.

Kita perlu analisa mendalam persaingan marketnya di wilayah tempat kita jualan.

Berbagai Produk Perlengkapan Bayi yang Bisa Kamu Jual

Untuk memulai melakukan bisnis baby shop kamu harus merefleksikan apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk menyambut kelahiran seorang anak, kamu juga perlu untuk mempersiapkan hal lainnya yakni menentukan apa saja produk yang akan dijual.

Lalu apa saja ide produk yang bisa kamu jadikan dalam bisnis tersebut? Simak ide produknya berikut ini.

1. Perlengkapan Ibu dan Bayi

bisnis baby shop

Jika berbicara tentang perlengkapan ibu dan bayi berarti suatu barang yang bisa habis saat digunakan seperti bedak, sampo, popok, sabun, minyak telon, dan lain sebagainya.

Agar bisnis baby shop menarik banyak pengunjung maka kamu harus menyediakan perlengkapan ibu dan bayi dengan lengkap.

2. Peralatan Ibu dan Bayi

bisnis baby shop

Beda dengan perlengkapan yang bisa habis saat digunakan, peralatan merupakan suatu barang yang tidak habis namun hanya mengalami pengurang jumlah bisa digunakan.

Adapun peralatan ibu dan bayi seperti ranjang bayi, alat mandi, kereta mandi, dan lain sebagainya. Agar pembeli tertarik membeli produk yang kamu jual maka pastikan barang yang dijual memiliki model terbaru.

3. Pakaian Bayi

bisnis baby shop

Saat akan membuka bisnis baby shop maka sangat wajib kamu menyediakan pakaian bayi. Pakaian bayi merupakan salah satu produk yang waktu pemakaiannya sangat singkat namun terus dibutuhkan.

Misalnya seperti bayi usia 1 bulan pasti akan memerlukan pakaian lagi saat usianya 3 bulan, begitu seterusnya. Oleh sebab itu pastikan kamu menyediakan pakaian bayi untuk berbagai usia.

4. Berbagai Makanan dan Susu Bayi

usaha baby shop

Makanan bayi memang bisa dibuat di rumah. Namun, kadang orang tua yang baru memiliki anak malas untuk membuatnya. Apalagi jika banyak pekerjaan di rumah, membuat makanan untuk di bayi menjadi sangat malas.

Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan menjadi peluang bisnis. Kamu bisa sediakan berbagai varian makanan khusus untuk bayi. Dengan beragam varian rasa dan jenis olahan yang menarik dengan gizi lengkap.

5. Berbagai Macam Mainan Bayi

bisnis baby shop

Walaupun hanya sebagai kebutuhan sekunder bayi, namun mainan bayi ini juga bisa kamu sediakan lho. Orang tua kadang suka sekali membelikan bayi mainan-mainan lucu agar tidak rewel saat di rumah.

Kamu bisa jual berbagai jenis mainan bayi dengan bentuk dan warna yang unik dan menarik.

Menjalankan bisnis baby shop ini sebenarnya butuh modal besar. Namun hal ini tergantung dari strategi dan kamu yang menjalankannya.

Jika kamu ingin mendapatkan untung besar, maka kamu akan butuh modal lebih dari 10 juta. Namun jika kamu ingin mulai dengan modal kecil dan untung lebih kecil, kamu bisa mulai dengan modal hanya 5 juta saja.

Adapun alasan dan detailnya sebagai berikut:

1. Modal Usaha Baby Shop Lebih dari Rp10.000.000

Jika kamu punya modal minimal 10 juta untuk mulai bangun bisnis toko perlengkapan bayi, setidaknya kamu bisa jual beberapa produk berikut:

  • Alat dan bahan mandi bayi (tempat mandi, sabun, sampo, sponge dll)
  • Perlengkapan makan dan minum bayi
  • Pakaian pagi, siang, sore dan malam bayi (pernel, popok, baju dalam, baju luar, celana bayi dll)
  • Perlengkapan tidur dan selimut bayi
  • Sandal dan sepatu bayi
  • Mainan bayi
  • Makanan dan minuman bayi
  • Alat bantu bayi (stoller, push walker dll), dan
  • Masih banyak lagi

Modal 10 juta atau lebih, kamu bisa sediakan produk bayi lengkap serta bisa jual secara offline (buka toko) dengan lebih mudah.

2. Modal Kecil Usaha Baby Shop Mulai dari Rp5.000.000

Sedangkan jika modal kamu kecil kurang dari 5 juta atau maksimal 5 juta, kamu bisa menjual beberapa jenis produk bayi paling laris agar lebih cepat untung walau modal kecil. Seperti:

  • Produk susu dan makanan bayi
  • Pernell dan jenis pakaian bayi
  • Alat dan perlengkapan mandi bayi
  • Mainan bayi

Beberapa produk ini lebih baik dijual secara online. Agar bisa lebih menjangkau audience yang lebih banyak. Selain itu, pembeli juga akan menganggap toko kamu adalah Baby Shop besar.

Cara Memulai Usaha Baby Shop dari Awal Sampai Sukses

Bisnis baby shop itu memang bukan ide usaha yang buruk. Sebaliknya justru sangat menggiurkan jika kamu paham marketnya. Berbagai produk kebutuhan bayi adalah produk yang sangat dibutuhkan dan banyak dicari.

Namun meskipun terlihat menggiurkan, masih banyak orang bingung memulai bisnis ini. Jika kamu juga demikian, kamu bisa mulai seperti pada tahapan berikut:

1. Siapkan Modal Sesuai dengan Perhitungan & Analisa

Pertama, kamu siapkan modal terlebih dahulu. Besarnya modal yang perlu kamu siapkan harus sesuai dengan hasil analisa seperti yang saya jelaskan di atas.

Kamu bisa mulai usaha perlengkapan bayi ini dengan modal besar ataupun kecil. Dengan segmentasi pasar dan strategi bisnis yang berbeda. Pilih sesuai dengan kemampuan ekonomi kamu sendiri.

2. Buat List Produk Perlengkapan Bayi yang Akan Dijual

Kemudian, kamu tuliskan daftar produk bayi apa saja yang akan kamu jual. Tuliskan secara rinci lengkap dengan harga masing-masing produknya.

3. Jika Akan Mulai Bisnis Ini dengan Dropship, Pilih yang Terpercaya

Apabila modal kamu terbatas banget bahkan kurang dari 5 juta, kamu bisa menjalankan usaha ini dengan cara sistem dropship. Namun jangan asal. Pilih supplier yang kredibilitasnya sudah terjamin serta memiliki kualitas produk yang bagus.

4. Jual Dari Rumah ke Tetangga dan Orang Terdekat

Ketika kamu memulai usaha ini, kamu bisa jual dari rumah dulu saja. Kamu bisa tawarkan ke orang-orang terdekat di lokasi kamu tinggal yang memang memiliki bayi.

Tidak perlu dijual dengan harga mahal dulu. Tawarkan dengan harga murah, untung sedikit tidak masalah yang penting ada penjualan agar orang tahu kamu sedang jualan produk apa.

5. Tawarkan di Media Sosial

Kemudian, kamu bisa mulai tawarkan di media sosial kamu sendiri. Media sosial dapat menjangkau orang lebih banyak. Kamu bisa manfaatkan media sosial seperti Instagram Bisnis, Halaman Facebook ataupun TikTok.

6. Gunakan Manajemen Bisnis Sebaik Mungkin

Jika usaha toko bayi kamu ini sudah jalan, jangan lupa gunakan manajemen yang bagus. Atur sebaik mungkin bisnis toko bayi kamu ini. Manajemen yang bagus dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dan lebih tertata dengan baik.

Strategi Menjalankan Bisnis Baby Shop Agar Sukses

Untuk meningkatkan keberhasilan bisnis baby shop yang kamu jalankan, kamu perlu melakukan pengembangan dengan menggunakan strategi bisnis yang baik. Dalam hal ini, kamu harus menggunakan teknik promosi yang tepat.

Produk perlengkapan bayi ini memiliki segmentasi market yang khusus. Kamu harus mengemaskan dengan penawaran terbaik. Beberapa strategi yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

1. Mempertimbangkan Hal-Hal Ini dengan Matang

Sudah menjadi hal yang pasti jika setiap bisnis membutuhkan modal. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan modal dengan matang yaitu dengan memperhitungkan tentang produk apa yang akan dijual atau konsep bisnis apa yang akan kamu kerjakan.

Konsep bisnis yang dimaksud tersebut seperti investasi, kerjasama, atau melakukannya secara mandiri.

Tak hanya modal dan konsep saja yang perlu kamu pertimbangkan, melainkan juga model bisnis yang akan kamu jalankan. Apakah model bisnisnya dilakukan secara online, offline, atau keduanya.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan model bisnis maka perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua model bisnis tersebut.

2. Membangun Kemitraan Bisnis

Untuk menjalankan bisnis ini maka tentu saja kamu membutuhkan pihak lain seperti pemasok produk yang akan dijual. Yang perlu kamu lakukan adalah lakukan kerjasama dengan pemasok produk yang terbaik dan terpercaya.

Hal yang tidak untuk kamu lakukan adalah memilih pemasok dengan produk yang murah namun kualitas rendah.

3. Manfaatkan Marketplace

Sekarang ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan promosi, salah satunya marketplace. Marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan lainnya dapat kamu gunakan untuk promosi secara gratis.

Kamu tinggal buat saja toko online di marketplace dengan brand produk bayi yang kamu jual. Marketplace sudah memiliki jutaan trafik yang datang setiap harinya.

Sangat mungkin jika kamu mendapatkan penjualan di sana. Apalagi jika kamu promosikan dengan fitur yang disediakan oleh setiap marketplace nya.

Kamu bisa meningkatkan penjualan produk dengan lebih cepat. Bisnis kamu pun akan lebih pesat meningkat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Tidak hanya marketplace, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial. Sekarang ini sudah eranya bisnis di media sosial. Jutaan orang bahkan berhasil mendatangkan penjualan dari media sosial.

Ada banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan produk bayi di antaranya seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan Tiktok.

Kamu bisa daftar dan buat akun media sosial ini secara gratis. Kamu juga bisa promo secara gratis di sana. Kerennya, untuk tingkat lanjut dan datangkan penjualan lebih banyak, kamu bisa iklankan produk bayi yang kamu jual di media sosial dengan fitur promosi yang dimiliki, masing-masing medsos.

5. Bangun Toko Online Sendiri

Supaya terlihat lebih profesional, kamu buatkan toko online sendiri. Produk perlengkapan bayi yang kamu jual bisa lebih mahal jika kamu jual di toko online sendiri.

Karena kamu bisa custome harga sesuai keinginan tanpa harus memikirkan perang harga dengan seller lainnya. Karena kamulah yang mengatur semua yang ada dalam toko online yang kamu buat. Pembeli juga akan lebih tertarik.

Berbagai Brand Ternama Penyedia Perlengkapan Bayi

Bagi kamu yang menjual berbagai perlengkapan bayi, pilih dan jual brand produk bayi yang sudah ternama. Karena brand produk ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan.

Kamu perlu selektif memilih brand produknya agar bisnis produk bayi yang kamu lakoni ini bisa berjalan dengan baik dan bisa dapatkan keuntungan yang besar.

Beberapa contoh brand ternama penyedia perlengkapan bayi, di antaranya seperti:

  • Birds & Bees
  • Mooi
  • Torio
  • BoogyBaby
  • Mahika Kids
  • Velvet Junior
    Kalale
  • Libby Baby

Akhir Kata

Melihat data analisa bisnis baby shop di atas, menjalankan bisnis produk bayi ini memang sangat menggiurkan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal hanya Rp5juta saja atau minimal Rp10juta.

Peluangnya sangat besar, pesaingnya masih minimal serta produknya selalu dibutuhkan dan termasuk produk konsumsi cepat habis. Yuk mulai dan coba usaha produk bayi ini.

Jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog saya. Semoga informasinya memberikan manfaat buat kamu yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: