Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Menghitungnya

Anda yang ingin menjual produk di E-Commerce tentu harus memperhatikan komponen biayanya termasuk biaya admin Tokopedia Seller. Dengan mengetahui biaya adminnya tersebut, Anda bisa mempertimbangkan harga dengan lebih baik.

Biaya admin akan menjadi satu komponen pasti yang harus Anda bayarkan ketika sebuah produk terjual. Pentingnya biaya admin tersebut menjadikan setiap seller terutama penjual pemula di Tokopedia harus bisa memahaminya dengan baik.

Biaya Admin Tokopedia Seller 2024

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda sebagai seller maupun calon penjual di Tokopedia tentu harus memahami secara tepat nilai biaya adminnya. Penjelasan mengenai biaya admin tersebut bisa Anda perhatikan melalui ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Biaya Admin Tokopedia Seller Terhitung dalam Persentase

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dengan baik berkaitan dengan biaya admin dari Tokopedia Seller yakni perhitungannya menggunakan prinsip persentase. Dengan perhitungan tersebut maka setiap produk punya biaya admin yang berbeda satu sama lainnya.

2. Biaya Admin Tergantung Jenis Merchant

Hal kedua yang juga perlu Anda perhatikan dengan baik terkait biaya admin Tokopedia Seller 2023 hingga saat ini yakni tergantung jenis merchantnya. Ada dua merchat dalam Tokopedia yakni Merchant Reguler dan Pro. Biaya admin merchant reguler tentu lebih murah dibandingkan dengan Merchant Pro.

3. Biaya Admin Dihitung Berdasarkan Katagorinya

Selain memiliki nilai yang berbeda untuk jenis sellernya, Anda juga harus memperhatikan bahwa biaya admin tergantung kategori produk. Ada beberapa kelompok kategori produk dengan biaya admin tertentu yang ditetapkan oleh Tokopedia.

Dengan ketentuan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan nilai biaya admin Tokopedia seller agar menjadi pertimbangan para penjualan. Seller wajib mengetahui adanya biaya admin dalam Tokopedia seller.

Cara Menghitung Biaya Admin di Tokopedia Seller

Agar Anda bisa mempertimbangkan nilai biaya admin yang ada di Tokopedia Seller, cara menghitungnya harus diketahui dengan baik. Penjelasan lengkap mengenai cara untuk bisa menghitung biaya admin dari Tokopedia Seller bisa Anda perhatikan di bawah ini.

1. Menentukan Harga Produk

Cara pertama yang jadi perhatian penting dalam menghitung biaya admin Tokopedia Seller yakni mempertimbangkan harga produk. Setiap harga produk menjadi acuan penentuan biaya admin yang berlaku di Tokopedia Seller.

2. Memastikan Katageri Produk

Anda juga harus memperhatikan dengan baik katagori dari produk tersebut agar bilai perhitungannya benar. Ada 6 kategori grup produk yang bisa Anda pertimbangkan biaya adminnya. Setiap produk punya penentuan nilai biaya admin yang berbeda.

3. Mengetahui Jenis Seller

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan dengan baik dalam menghitung biaya admin yang ada di Tokopedia Seller yakni mengetahui jenis sellernya. Ada dapat mengetahui jenis seller yang dimiliki apakah merupakan Merchant Pro atau Merchant Reguler.

Dengan memperhatikan cara menghitung biaya admin di Tokopedia Seller tersebut akan mempermudah Anda untuk bisa menentukan harga produk. Pastikan Anda pahami dengan baik cara untuk bisa menghitung biaya admin tersebut.

Ketentuan Kategori dalam Perhitungan Biaya Admin Tokopedia

Sepeti yang disebutkan di atas, Anda perlu memperhatikan dengan baik ketentuan kategori yang ada di dalam pembayaran biaya admin. Keenam kategori tersebut dapat Anda perhatikan dalam ulasan di bawah ini secara lengkap.

1. Kategori Grup 1

Biaya adminnya 4,5% untuk Power Merchant maupun Merchat Pro, sedangkan untuk merchant reguler 3,8%. Kategori ini meliputi beberapa produk seperti contohnya Fashion, Aksesoris Handphone dan Tablet, makanan kering dan beberapa produk lainnya.

2. kategori Grup 2

Biaya adminnya sebesar 3,8% untuk Merchant kelas tertinggi dan 3,8% untuk merchat reguler. Piliha produk yang masuk dalam kategori grup dua tersebut contohnya seperti Audio, Vaporizer, Elektronik, gaming, dan produk lainnya.

3. Kategori Grup 3

Biaya admin dalam kategori ini sebesar 3,1% untuk Power Merchant PRO dan Power Merchat, sedangkan biaya admin regulernya 2,6%. Produk yang termasuk dalam kategori ini di antaranya seperti jam tangan, powerbank, perhiasan anak, dan lainnya.

4. Kategori Grup 4

Kategori selanjutnya yang bisa Anda perhatikan ini punya nilai biaya admin 1,8% untuk merchant Pro dan 1,6% untuk merchatt reguler. Beberapa kategori produk yang tersedia di grup 4 ini di antaranya seperti Handphone dan juga Tablet.

5. Kategori Grup 5

Kategori ini merupakan pilihan produk dengan biaya admin paling murah. Anda akan dikenakan biaya admin 2% untuk power merchant dan pro serta 1% untuk reguler merchant. Contoh produk dalam kategori ini seperti produk – produk otomotif.

Memahami kategori penting untuk Anda perhatikan dengan baik dalam mengetahui biaya admin yang diperlukan untuk menjadi seller di Tokopedia Seller. Ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan dengan baik agar bisa menghitung biaya adminnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Biaya Admin Tokopedia Seller

Apakah semua produk akan dikenakan biaya admin yang sama atau tidak?

Tidak, setiap produk akan punya kondisi tertentu tergantung kategorinya untuk mengetahui biaya admin di dalam Tokopedia Seller.

Apakah ada biaya lain dalam Tokopedia Seller?

Tidak, Anda tidak akan menemukan biaya yang tersembunyi kecuali pada saat waktu yang tepat dan pas.

Apakah biaya admin Tokopedia Seller tetap atau berubah?

Tentu ada beberapa perubahan yang terjadi pada biaya admin untuk produk yang dijual di Tokopedia.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: