Apa Itu Pinjaman Online? Ini Daftar Pinjol Berizin Resmi OJK

Apa Itu Pinjaman Online, Ini Daftar Pinjol Berizin Resmi OJK

Apa itu pinjaman online? Pinjol sendiri merupakan sebuah fasilitas yang dapat memberikan kemudahan dan manfaat untuk masyarakat. Karena sistem yang digunakan oleh pinjol ini terbilang mudah serta persyaratannya juga tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu tidak heran jika penyedia pinjol tersebut semakin banyak. Pada kesempatan kali ini kita juga akan menjelaskan mengenai pinjaman online secara lengkap. Mulai dari pengertian, kelebihan sampai dengan tips untuk mengajukan pinjaman online tersebut.

Apa Itu Pinjaman Online Secara Umum?

Pinjaman online sendiri merupakan sebuah fasilitas pinjaman uang yang disediakan penyedia jasa keuangan yang menggunakan sistem online. Biasanya penyedia layanan pinjaman online tersebut juga lebih dikenal dengan sebutan fintech.

Pinjol juga merupakan suatu inovasi pada sebuah industri jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi. Karena hal itu, biasanya pengguna jasa tidak perlu datang ke kantor seperti halnya meminjam dana ke bank.

Kamu hanya perlu menggunakan website maupun aplikasi serta memenuhi syarat pengajuan saja, setelah itu nantinya akan dinilai apakah penyedia pinjaman tersebut menerima atau menolak pengajuan kamu.

Meskipun saat ini pinjam uang sudah sangat mudah karena tidak membutuhkan jaminan ataupun syarat yang ribet. Kamu hanya perlu KTP dan beberapa syarat lainnya saja sudah bisa mengajukan pinjaman tanpa menggunakan jaminan. Tetapi pastikan memilih penyedia pinjol yang resmi dan diawasi OJK.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjol

Setelah kamu tahu apa itu pinjaman online dan jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman online, tentunya perlu tahu apa saja kelebihan dan juga kekurangan pinjol terlebih dulu. Sehingga nantinya bisa menentukan secara tepat keputusan apakah jadi mengajukan pinjol atau tidak.

1. Kelebihan Pinjaman Online

1.1 Pengajuan Lebih Mudah dan Praktis

Ketika kamu mengajukan pinjaman online tentu saja akan lebih mudah dan juga praktis karena teknologi bisa membuat semuanya menjadi lebih mudah. Kamu nantinya hanya perlu untuk mengajukan pinjaman ke aplikasi atau website dari penyedia pinjaman online tersebut.

Hal satu ini tentu saja bisa menghemat waktu dan tenaga karena kamu tidak perlu datang ke lokasi atau kantor penyedia pinjaman tersebut.

1.2 Proses Lebih Cepat dan Tidak Ribet

Proses yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjol tersebut tidak ribet dan terbilang cepat. Biasanya dana bisa cair hanya dalam waktu 1 sampai 3 hari kerja.

Jika kamu sedang membutuhkan dana secara mendadak tentu saja pinjol ini bisa menjadi solusi yang tepat karena prosesnya tidak ribet dan juga lebih cepat.

1.3 Syarat yang Mudah

Selain itu, syarat dan ketentuan pada pinjol lebih mudah bahkan tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa data seperti KTP, NPWP dan slip gaji.

2. Kekurangan Pinjaman Online

2.1 Bunga Cukup Tinggi

Untuk sebagian orang bunga pada pinjaman online memang cukup tinggi karena bisa mencapai 1% perharinya.

Jika kamu hitung dalam satu bulan bunga yang harus dibayarkan tentunya 30%, nominal tersebut tentu saja cukup besar. Namun memang cukup sebanding karena untuk pencairannya lebih mudah.

2.2 Tenor Lebih Pendek

Untuk jangka waktunya juga tidak terlalu lama, yang biasanya jangka waktu pinjol mulai 10 hari sampai 180 hari.

Jika jangka waktu yang kamu ambil semakin lama tentu saja semakin besar pula bunga cicilan yang harus kamu bayarkan.

Selain itu, untuk plafon pinjol juga terbilang tidak terlalu besar. Biasanya hanya memberikan plafon pinjaman 20 hingga 30 juta saja.

Daftar Pinjol Berizin Resmi OJK

Kalau kamu tertarik untuk mengajukan pinjol tentu saja perlu tahu rekomendasi aplikasi pinjol yang resmi dan terpercaya. Selain itu juga mempunyai lisensi dan diawasi oleh OJK sehingga lebih aman untuk melakukan pinjaman. Berikut rekomendasinya:

  • Kredivo
  • Adakami
  • Akulaku
  • Home Credit
  • PinjamanGo
  • Kredit Pintar
  • AdaPundi
  • Pohondana
  • Mekar
  • Akseleran

Tips Mengajukan Pinjol Secara Aman

Saat ingin mengajukan pinjol tentu saja setiap orang ingin aman agar terhindar dari penipuan. Lalu bagaimana tips agar aman mengajukan pinjol?

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih untuk mengajukan pinjaman ke aplikasi pinjol yang sudah terdaftar pada OJK. Untuk mengecek legalitasnya, kamu bisa melihatnya melalui website resmi OJK atau menghubunginya pada nomor 157.

2. Mempertimbangkan Cicilan Dengan Tanggungan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman secara online, tentu saja harus memastikan apakah kamu mempunyai pinjaman yang lainnya atau tidak. Jika memang mempunyai pinjaman lain sebaiknya tidak mengajukan lagi agar tidak membebani kamu karena cicilan yang lebih besar.

3. Mengajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Kamu perlu mengingat tujuan mengajukan pinjaman itu apa. Pastikan memang untuk memenuhi kebutuhan kamu bukan hanya sekedar memuaskan keinginan atau konsumtif yang memang tidak terlalu penting.

Selain itu sangat disarankan tidak meminjam dana pada aplikasi pinjol melebihi 30% dari penghasilan kamu agar nantinya tidak memberatkan ketika kamu membayarkan cicilannya.

4. Mempelajari Bunga dan Denda

Selain itu tentu saja kamu perlu memperhitungkan bunga dan denda dari pinjol tersebut. Karena setiap aplikasi pinjol tentu saja mempunyai bunga dan denda yang berbeda.

Itulah sekilas tentang apa itu pinjaman online dan beberapa pendukungnya secara lengkap yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu ketika ingin mengajukan pinjol.

FAQ | Pertanyaan Tentang Apa Itu Pinjaman Online

Bagaimana jika telat membayar pinjol?

Jika telat membayarkan pinjol tentunya akan mendapatkan sanksi berupa denda dan bunga yang terus menumpuk.

Apa penyebab pinjol ditolak?

Tentunya karena persyaratan yang kurang lengkap atau tidak memenuhi ketentuan yang sudah berlaku.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: