Apa Itu Moka Pos? Ini Kelebihan, Harga dan Cara Menggunakannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Apa itu Moka POS? Hal ini sering kali menjadi pertanyaan beberapa masyarakat, terutama untuk mereka yang ingin membuka suatu usaha. Mengingat sekarang aplikasi ini sangat viral dan banyak yang menggunakannya. Terutama untuk yang ingin praktis dalam manajemen kasir.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Moka POS secara lebih lengkap, sehingga untuk kamu yang ingin menggunakannya tidak akan bingung. Selain itu agar nantinya juga bisa mendapatkan manfaat dari Moka POS itu sendiri.

Apa Itu Moka POS?

Pada dasarnya Moka POS ini merupakan sebuah aplikasi kasir yang berbasis cloud dimana bisa membantu para pelaku UMKM dan UKM untuk mengelola transaksi penjualan dan juga persediaan dari stok barang dengan lebih mudah.

Aplikasi kasir satu ini memang bisa kamu gunakan untuk bisnis offline ataupun online, sehingga para pemilik usaha bisa melacak semua aktivitas penjualan pada setiap harinya. Terlebih lagi saat ini sudah ada banyak brand ternama yang menggunakan perangkat kasir ke Moka POS.

Nama dari MOKA sendiri asalnya dari kata Mobile Kasir yang artinya perangkat untuk membantu dalam pengelolaan kasir. Kamu bisa mengatur harga dan juga memberikan pilihan metode pembayaran digital, perhitungan pajak, mengelola point of sale, mengelola karyawan dan yang lainnya.

Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk menggunakan dan berlangganan layanan dari Moka POS ini, bisa membaca beberapa informasi di bawah ini lebih dulu agar semakin paham tentang aplikasi kasir satu ini.

Kelebihan Moka POS

Jika kamu menggunakan Moka POS ini, tentu saja nantinya akan mendapatkan beberapa manfaat karena aplikasi ini mempunyai banyak kelebihan. Apa saja kelebihannya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu Operasional Bisnis

Moka POS ini memiliki sebuah layanan point of sale atau tempat pembayaran untuk para pembeli ketika belanja suatu produk. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai solusi utama untuk mengelola operasional bisnis menjadi lebih praktis.

Misalnya saja manajemen pesanan yang dapat kamu integrasikan dengan aplikasi food delivery, pembayaran digital dan juga manajemen meja.

2. Mempermudah Administrasi

Biasanya pada bagian administrasi akan selalu pusing dengan berbagai pos akuntansi yang merepotkan. Dengan adanya aplikasi ini kamu bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Membuat laporan penjualan harian, mengontrol shift karyawan dan juga transaksi penjualan.
  • Mengelola laporan dari stok barang agar menjadi lebih teratur.
  • Memudahkan penghitungan tagihan pajak yang harus kamu bayarkan.

3. Memanajemen Pelanggan

Moka POS ini mempunyai tampilan dashboard yang menarik dan juga mudah dibaca. Jadi, akan sangat memudahkan kamu untuk menganalisa perilaku dari pelanggan.

Misalnya saja dengan aplikasi Moka POS ini kamu bisa melihat jumlah produk yang banyak dipesan oleh konsumen dalam satu bulannya.

Di situlah kamu bisa menganalisa minat pelanggan serta mempersiapkan strategi pemasaran yang berikutnya untuk dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.

4. Mengontrol Semua Outlet

Jika kamu punya banyak outlet yang perlu diurus serta dipantau setiap saat, tentunya aplikasi ini bisa membantu kamu dan menjadi solusi yang tepat. Kamu bisa melacak serta melihat aktivitas penjualan dari semua outlet tanpa perlu datang ke tempatnya secara langsung.

5. Mengatur Stok Barang

Dengan adanya Moka POS ini kamu bisa memantau serta mengatur stok barang tanpa perlu melihatnya secara langsung ke gudang. Kamu juga mengecek persediaan barang secara real time serta mengelolanya dengan cara komprehensif agar lebih teratur.

6. Manajemen Meja

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah kamu bisa melihat seberapa puas para pelanggan pada pelayanan yang karyawan berikan. Contohnya beberapa menu yang paling laku, seberapa lama pelanggan menghabiskan waktu dan juga tempat dudukyang paling sering dipilih.

Dengan analisa perilaku ini, kamu bisa menciptakan suatu strategi bisnis yang fokus dengan pelayanan dan fasilitas outlet.

Daftar Harga Moka POS

Jika kamu tertarik menggunakan aplikasi ini untuk partner kasir usaha kamu, tentunya perlu berlangganan paket Moka POS. Untuk harganya juga bervariasi, tergantung dari paket yang kamu ambil. Oleh karena itu, berikut adalah daftar harga Moka POS yang bisa kamu pelajari:

  • Tablet stand 180 Rp 199.000,-
  • mPOP Star Micronics Rp 5.999.000,-
  • Mobile Printer Bluetooth Rp 990.000,-
  • Receipt & Kitchen Printer Epson TM-U220B LAN Dot-Matrix Rp 2.600.000,-
  • Symcode Barcode Scanner Rp 750.000,-
  • Receipt & Kitchen Printer Epson TM-T82 LAN Rp 2.700.000,-

Untuk harganya sendiri masing-masing kategori juga berbeda, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Untuk Paket Basic untuk operasional dasar usaha Rp 299.000,-
  • Paket Pro yang mana dilengkapi dengan fitur untuk efisiensi usaha Rp 499.000,-
  • Paket Enterprise yang sudah dibekali fitur serta layanan terlengkap untuk membuat bisnis naik level Rp 799.000,-

Cara Menggunakan Moka POS

Setelah kamu mengetahui apa itu Moka POS, harga dan berbagai kelebihannya, tentu saja kamu harus tahu bagaimana cara untuk menggunakannya. Tak perlu bingung karena caranya cukup mudah. Kamu bisa memperhatikan langkah berikut ini:

1. Lengkapi Profil Akun Moka

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, tentu saja kamu harus melengkapi akun Moka terlebih dulu. Caranya adalah dengan login terlebih dulu.

Kemudian kamu bisa memilih menu Account, lalu Settings dan klik opsi Public Profile. Lalu kamu bisa mengupload foto usaha dengan ukuran 140×140 pixel.

2. Masukkan Data Usaha

Kemudian kamu bisa memasukkan data usaha kamu pada kolom yang ada. Jangan lupa juga untuk memasukkan link website usaha kamu. Lalu kamu bisa klik Save untuk menyimpan semua pembaruan profil tersebut.

3. Mengatur Tampilan Struk Moka POS

Setelah itu kamu juga perlu untuk mengatur tampilan struk penjualan agar memberikan hasil yang rapi. Kamu bisa masuk ke menu Dashboard kemudian pilih Account Settings, setelah itu pilih Receipt.

Kemudian kamu bisa memasukkan info dari usaha kamu yang ada pada kolom kosong. Lalu tambahan informasi tambahan, misalnya password wifi pada kolom notes. Setelah itu klik Save serta tampilan struk sudah berhasil kamu buat.

4. Masukkan Item Penjualan Jumlah Besar

Jika kamu sudah mengatur tampilan struknya, selanjutnya adalah memasukkan item penjumlahan jumlah besar. Kamu bisa merubah Language & Region pada aplikasi tersebut menjadi United States.

Jika kamu menggunakan Windows, bisa mengganti format tanggal menjadi DD-MM-YY. Tapi jika kamu menggunakan MAC pastikan kamu menggunakan pengaturan Grouping (,) serta Decimal (.).

Setelah itu pada menu Library pilih Item Library kemudian Import Items dengan cara mengeklik tombol Import/Export. Barulah kamu memilih Modify kemudian Download Template yang sudah disediakan.

Lalu masukkan data tersebut kemudian Save data item penjualan pada template. Unggah Template yang telah kamu edit pada Drop Files to Upload dan item penjualan sudah berhasil kamu masukkan.

Itulah beberapa hal tentang apa itu Moka POS yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan aplikasinya untuk mengembangkan bisnis kamu. Jadi, pelajari dan kembangkan bisnis kamu sekarang juga.

FAQ | Pertanyaan Tentang Apa Itu Moka POS

Apakah Moka POS gratis?

Aplikasi ini sudah digunakan oleh 45ribu orang lebih dan untuk mengunduhnya gratis. Tapi memang untuk mendapatkan paket layanannya harus berlangganan dan harga tergantung masing-masing paket.

Dimana bisa mendapatkan aplikasi Moka POS?

Kamu bisa mengunduhnya melalui website resminya, Google Play Store ataupun App Store.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: